Membangun usaha dan bisnis tanpa Riba

Public
Business & Finance
439
Admin Sohib
19 March, 12:00
Apakah Strategi Follow Unfollow Masih Manjur?

Bismillah,
Assalamualaikum sobat sohib,
... View More
Apakah Strategi Follow Unfollow Masih Manjur?

Bismillah,
Assalamualaikum sobat sohib,

Kami penasaran, bisnisdaring masih melakukan strategi ini nggak?

Cara kerjanya itu seperti ini, kamu follow orang lain, dan saat mereka follow akun Kamu kembali, kamu unfollow mereka.

Iya, cara ini sangat manjur dan sering digunakan sebelum Instagram mengubah algoritmanya.

Kita tahu sendiri kalau Instagram sangat mementingkan interaksi.
Jadi, followers yang banyak tapi tingkat interaksinya sedikit juga akunnya pasti akan sulit berkembang.

Maka dari itu, ada baiknya kamu belajar cara mengembangkan Instagram secara organik.

Mulai dari menghindari beli followers, give away dan follow unfollow.
Setelah itu, optimasilah akun Kamu, riset hashtag-nya, perbaiki profil akunnya, dan cobalah untuk konsisten mengunggah konten.

JIka sobat sohib ingin belajar cara mengembangkan Instagram secara organik, silakan gabung Kelas Instagram Organik bareng 21.000 member lainnya, ya!
Segera klik link:

https://solusihijrah.com/kio


Sumber: Tim Kelas Instagram Organik
0
Comment
0
Admin Sohib
18 March, 12:00
Alasan Kenapa Storytelling Bisa Bikin Konten Makin Menjual

Bismillah,
Assalamualaikum sobat sohib,
... View More
Alasan Kenapa Storytelling Bisa Bikin Konten Makin Menjual

Bismillah,
Assalamualaikum sobat sohib,

Denny Santoso bilang sebagai pebisnis kerjaan kamu tuh ngedongeng, makanya kamu diajak untuk jadi seorang story collector.

Kenapa harus cerita apa captionnya ga jadi kepanjangan?

1. Story punya sifat yang beda ga kayak artikel, dari adanya cerita maka ada sisi emosional yang tersampaikan. Ini kenapa cerita atau storytelling tuh bisa bikin brand atau bisnis kamu lebih humanis, ga kaku kaku banget deeh jadinya.

2. Storytelling yang baik bisa ningkatin rasa percaya yang lebih besar ke brand atau bisnis kamu. Pasti sering denger dong ungkapan, “for a customer to buy from you they must know, like and trust you." Jadi mereka harus tau, suka, dan percaya dulu, baru deh mereka beli.

3. Dari percaya mereka akan engage. Terutama kalo kamu kasih mereka cerita yang relatable sama problem mereka. Audience pasti akan terus-terusan balik buat mantengin sosmed kamu.

Selalu ingat struktur HOOK-STORY-OFFER ya sobat sohib. Kalo hooknya spesifik, storynya menarik, tinggal offernya deh bisa kamu arahin mereka untuk klik link Tribelio Page di BIO kamu.


Masih bingung gimana caranya kemas story yang oke? 
Yuk coba gabung ke kelas LBM-nya Denny Santoso di sini: http://solusihijrah.com/lbm

Menurut kamu gimana? Penting ga sih kemas konten kamu dengan storytelling? Sharing aja, komen di bawah😁👇
1
Comment
0
Admin Sohib
17 March, 12:00
Belajar Digital Marketing: Saya Harus Mulai dari Mana? (Bagian 3)

Bismillah,
Assalamualaikm sobat sohib,
... View More
Belajar Digital Marketing: Saya Harus Mulai dari Mana? (Bagian 3)

Bismillah,
Assalamualaikm sobat sohib,

Setelah Belajar Digital Marketing, Apa Lagi, Ya?
Agar belajar digital marketing Anda makin asyik dan menarik, yuk, langsung saja terapkan langkah-langkah di bawah ini:

Pilih produk dan pasar yang akan ditargetkan
Dalam pemilihan produk, jangan lakukan secara asal-asalan. Tentukan produk yang memberi solusi dan menjawab kebutuhan pasar. Ini akan memberi nilai dan karakteristik tersendiri bagi bisnis Anda. Orang-orang akan susah move on karena tahu Anda memberikan yang terbaik.

Misalnya, Anda berencana menjual susu kambing berdasarkan fakta bahwa susu sapi kurang disarankan untuk anjing. Targetnya adalah pawrent yang masih membiarkan anjing kesayangannya meminum susu sapi. Dengan terus-menerus memberi edukasi, seperti manfaat dan fungsi susu kambing, niscaya produk Anda akan diperhitungkan.

Buat website
Kenapa, sih, harus buat website? Bukannya memiliki akun media sosial saja sudah lebih dari cukup?

Memang media sosial menjadi salah satu corong pemasaran yang penyebaran informasinya sangat cepat. Penggunanya pun datang dari berbagai umur.

Tapi untuk menampilkan katalog produk, informasi bisnis, detail harga, sistem pengiriman, press release, info diskon – semua ini tidaklah cukup dengan mengandalkan media sosial saja.

Anda butuh website sebagai sumber tervalid, tepercaya, dan terakurat mengenai bisnis yang dijalankan. Apalagi sebanyak 66.6% penduduk Indonesia masih menggunakan search engine, seperti Google, untuk menggali info suatu brand.
Jadi, buat website untuk bisnis itu sangat penting!

Sudah banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan website builder untuk memudahkan pengguna yang belum paham coding tapi ingin bangun website sendiri. Tool ini menerapkan sistem drag-and-drop sehingga web langsung jadi dan online dalam hitungan jam! Nggak perlu buang-buang uang untuk sewa jasa web designer, kan?

Buat blog
Kan, sudah buat website, kenapa harus buat blog juga?
Tulisan yang dikemas seapik mungkin akan memengaruhi emosi pembaca. Mereka akan melakukan sesuatu yang diharapkan oleh si penulis.

Begitu juga dengan blog, yang notabene diisi dengan konten berupa tulisan disertai gambar (kadang juga video). Anda bebas menulis apa saja selama itu masih berhubungan erat dengan bisnis yang dilakoni. Harapannya, postingan blog akan memengaruhi keputusan pembaca: membeli produk.

Blog juga jadi strategi jitu yang bisa mengubah status pembaca menjadi pelanggan setia. Tentu saja konten yang dihadirkan harus benar-benar berkualitas dan informatif.
Dengan adanya blog, Anda pun dapat menerapkan strategi content marketing, email marketing (bagi pembaca yang ingin terus update info di blog Anda), dan yang terutama Search Engine Marketing (SEM).

Kesimpulan
Digital marketing semakin diperhitungkan sebagai strategi pemasaran yang cukup efektif di masa sekarang. Agar strategi ini berhasil dilakukan, Anda harus meluangkan waktu yang cukup untuk mempelajari bidang ini.

Digital marketing benar-benar beri peluang bagi Anda yang sedang membangun bisnis online. Jadi, luangkan waktu secukupnya untuk mempelajari bidang ini. Selamat belajar! 😉

Penulis: Ariata C.
Sumber: hostinger.co.id
0
Comment
0
Admin Sohib
16 March, 12:00
Belajar Digital Marketing: Saya Harus Mulai dari Mana? (Bagian 2)

Bismillah,
Assalamualaikm sobat sohib,
... View More
Belajar Digital Marketing: Saya Harus Mulai dari Mana? (Bagian 2)

Bismillah,
Assalamualaikm sobat sohib,

Tahapan Belajar Digital Marketing
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk belajar digital marketing, Anda tidak perlu mengikuti pendidikan formal. Sudah banyak sumber online yang bisa dimanfaatkan. Tapi, mulai dari mana dulu, nih? Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Pilih skill yang ingin dipelajari
Digital marketing bukan soal posting foto di Instagram atau unggah video di TikTok saja. Bidang ini juga mencakup optimasi SEO (search engine optimization), email marketing, content marketing, blogging, dan bahkan PPC atau pay per click marketing.
Memang semuanya sangat menarik untuk dipelajari. Tapi, tidak semuanya bisa diterapkan untuk pekerjaan atau bisnis yang sedang dijalankan. Ketahui dulu visi misi perusahaan atau goal yang ingin Anda raih secara personal di masa mendatang.

Apakah Anda ingin membuat content marketing yang bisa mengonversi pembaca menjadi pelanggan? Atau ingin membuat kata-kata iklan yang menggugah emosi melalui skill copywriting? Atau justru ingin membawa website perusahaan selalu jadi nomor 1 di Google untuk suatu kata kunci?

Pikirkanlah dengan matang. Lalu mulailah memilih topik pertama untuk dipelajari.

2. Mengikuti webinar
Ada banyak cara belajar digital marketing sampai mahir. Salah satunya adalah dengan mengikuti webinar. Selain diisi oleh banyak pakar ahli, topik yang dibahas pun beragam. Mulai dari SEO marketing, PPC marketing, hingga social media marketing.

Ada webinar yang diselenggarakan secara rutin tiap dua minggu atau malah sebulan sekali, dan ada juga webinar yang diadakan setahun sekali.

Search Engine Journal menawarkan webinar mingguan dengan beragam topik, seperti tips kampanye iklan berbayar dan tips SEO yang berkaitan dengan kesehatan website.

Sedangkan webinar tahunan, contohnya adalah brightonSEO. Di webinar ini, banyak banget pembicara yang akan memberikan insight-insight menarik. Ada yang berprofesi sebagai PR Director, Digital Marketing Consultant, dan bahkan Senior SEO Specialist.

3. Daftar kursus digital marketing
Selain webinar, kursus online juga punya banyak manfaat dalam membangun fondasi digital marketing yang kuat. Tak perlu harus mengikuti yang berbayar jika saat ini Anda belum punya cukup dana.

Banyak pelatihan digital marketing yang menawarkan enrollment gratis. Benar-benar tanpa pungutan biaya.

Google Digital Unlocked, misalnya, yang menawarkan topik kursus Fundamentals of Digital Marketing. Di sini Anda akan mempelajari dasar-dasar pemasaran digital dan apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

Kelas sertifikasi digital marketing lainnya yang juga memberi kesempatan belajar cuma-cuma (meskipun beberapa topik berbayar) adalah HubSpot Academy, Coursera, dan Udemy.

4. Subscribe blog dan channel YouTube
Digital marketing merupakan bidang yang dinamis. Untuk SEO marketing saja, hampir selalu ada info terbaru. Belum lagi kalau Google melakukan perubahan secara besar-besaran pada algoritmanya.

Nah, agar Anda tetap update dengan berita marketing terbaru, nggak ada salahnya subscribe blog dan channel YouTube yang membahas seputar pemasaran online ini.
Moz, Content Marketing Institute, dan Neil Patel merupakan blog marketing yang bisa Anda ikuti dari sekarang.

Bagaimana dengan channel YouTube? Kami rekomendasikan Backlinko, Ahrefs, dan Digital Marketing Institute. Happy learning!

5. Join kursus analytics
Tak hanya teori, Anda pun harus menguasai skill analytics. Untuk apa? Tentu saja untuk melacak key metric kampanye iklan yang dilakukan, persona brand di internet, consumer behaviour, dan lain-lain.

Dari sekian banyak platform analytics, kami sangat merekomendasikan Google Analytics. Bukan, bukan karena ini produknya Google. Tapi justru platform ini gratis dan mampu memberikan insight yang akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda.

Di platform ini, Anda akan tahu umur audiens yang mengakses dan berinteraksi di website, banyaknya transaksi, jumlah revenue, landing page mana saja yang punya performa terbaik, hingga bounce rate.

Untuk mengoptimalkan tool ini, sebaiknya Anda ikuti terlebih dulu Google Analytics Academy. Kursus analytics ini memiliki dua tingkatan, yakni Pemula dan Tingkat Lanjut. Tersedia juga Google Analytics 360 jika Anda tertarik untuk mempelajari fitur-fitur canggih Google lainnya.


Bersambung...

Penulis: Ariata C.
Sumber: hostinger.co.id
0
Comment
0
Admin Sohib
15 March, 19:56
Belajar Digital Marketing: Saya Harus Mulai dari Mana? (Bagian 1)

Bismillah,
Assalamualaikm sobat sohib,
... View More
Belajar Digital Marketing: Saya Harus Mulai dari Mana? (Bagian 1)

Bismillah,
Assalamualaikm sobat sohib,

Digital marketing menjadi primadona dalam strategi pemasaran masa kini karena begitu efisien dan praktis.

Bagaimana tidak? Anda tak perlu turun ke jalan dan membagikan selebaran produk terbaru. Cukup pasang foto atau video di akun sosial media, tulis caption menarik, dan publish!

Tapi, usaha pemasaran online ini tidak berhenti sampai di situ saja. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, seperti memahami customer behavior, membuat dan mengemas konten, hingga memilih strategi campaign.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu harus belajar digital marketing mulai dari mana.

Worry not! Di artikel ini, kami akan membahas cara belajar digital marketing serta tools dan website yang bisa dijadikan sumber belajar.

Alasan Belajar Digital Marketing

Tahu akan pengertian digital marketing saja tidak bisa dibilang Anda sudah ahli. Ada banyak yang perlu dipelajari. Apalagi bidang ini melibatkan beragam marketing channel, seperti email, media sosial, dan search engine misalnya Google.

Dengan belajar digital marketing, Anda pun bisa tahu strategi yang paling tepat untuk bisnis Anda. Mengapa? Walaupun terlihat menjanjikan dan makin banyak peminatnya, tidak semua metode cocok untuk diterapkan ke bisnis Anda.

Alasan lain dari pentingnya belajar digital marketing:

Hampir semua go online
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia bertambah cukup signifikan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2019-2020 (Q2) saja jumlahnya sudah mencapai 196.71 juta jiwa dari total populasi penduduk, yakni 266.91 juta jiwa.

Salah satu alasan utama dari perkembangan yang cukup pesat ini adalah mudahnya kepemilikan smartphone. Apalagi di masa pandemi. Internet seolah jadi kebutuhan pokok. Belajar dari rumah. Kerja juga dari rumah. Belum lagi membeli kebutuhan, seperti pakaian, makanan, dan obat-obatan.

Meleburnya internet ke dalam gaya hidup masyarakat masa kini mengisyaratkan kalau Anda punya target pasar yang cukup besar. Belajar digital marketing pun tak akan percuma.

Bisa bikin bisnis online sendiri
Memang uang jadi modal utama untuk bangun bisnis. Tapi, kalau Anda mengembangkan bisnis di internet, skill digital marketing juga diperlukan.
Dengan belajar digital marketing, Anda jadi tahu cara menargetkan audiens yang tepat, membuat tolak ukur dari keberhasilan promosi, hingga mengkalkulasi biaya iklan di beberapa saluran pemasaran.
Selain itu, Anda juga bisa membangun brand awareness, mendatangkan leads, dan meningkatkan penjualan menggunakan tool dan platform marketing.

Mampu bertahan dan bersaing
Netflix merupakan layanan streaming raksasa yang punya jutaan pelanggan di berbagai belahan dunia. Namun, tahukah Anda kalau perusahaan ini berawal dari jasa rental DVD? Ya… layaknya rentalan DVD yang pernah booming pada masanya.

Sadar akan kebosanan masyarakat dalam menonton TV, yang banyak iklannya, Netflix mencoba merambah ke pasar digital dengan menawarkan layanan streaming berlangganan. Hasilnya, strategi ini menuai keberhasilan.


Bayangkan kalau perusahaan ini tidak bertransformasi! Mungkin hanya akan tinggal nama saja.

Begitu pula dengan bisnis. Anda tidak bisa terus-menerus mengandalkan pemasaran offline, terlebih kalau ingin menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai kalangan. Mulailah belajar digital marketing dan selaraskan pemasaran offline dan online agar bisa berjalan beriringan. Bangun persona bisnis dan ciptakan reputasi online yang berkualitas.

Pengembangan karier
Masuknya Indonesia ke era digital 4.0 menandai kalau berbagai sektor kehidupan kini sedang condong ke sistem yang serba digital dan otomatis.

Salah satu contohnya adalah banyaknya perusahaan yang mulai sadar akan manfaat internet. Mereka akan berusaha untuk membangun brand awareness dan menjaring banyak pelanggan melalui online tool marketing. Tentu untuk memaksimalkan ini semua, perusahaan butuh orang-orang ahli.

Jika Anda menguasai digital marketing, peluang untuk mengembangkan karier akan terbuka lebar. Anda bisa bekerja sebagai SEO Specialist, Social Media Strategist, atau Customer Relationship Management Staff.

Apalagi Anda bisa belajar digital marketing otodidak tanpa harus mengikuti pendidikan resmi. Banyak website dan online course yang menyediakan materi ini (akan kami bahas nanti) baik secara gratis maupun berbayar.

Bersambung...

Penulis: Ariata C.
Sumber: hostinger.co.id
0
Comment
0
Login Register