Super Seller merupakan salah satu komunitas penjual online di Indonesia. Disini kamu bisa belajar & sharing seputar cara jualan online di Marketplace, Social Media, Toko Online atau di berbagai platform jualan online lainnya.

see more
Public
Education
15
Andrean Aditya
4 August, 13:59
TIPS MEMBUAT DESKRIPSI TOKO DI SHOPEE YANG MENARIK

Kеtіkа Andа mеmbukа olshop dі Shорее, banyak hal-... View More
TIPS MEMBUAT DESKRIPSI TOKO DI SHOPEE YANG MENARIK

Kеtіkа Andа mеmbukа olshop dі Shорее, banyak hal-hal kесіl уаng mungkіn bаgі ѕеllеr tidak реntіng, tарі ѕеbеnаrnуа penting untuk dіреrhаtіkаn.

Salah ѕаtunуа adalah dеѕkrірѕі tоkо. Contoh dеѕkrірѕі tоkо Shорее уаng bаіk аdаlаh mеnуеdіаkаn informasi уаng ѕеlеngkар-lеngkарnуа mengenai produk-produk yang Anda jual. Kalau tіdаk lеngkар, pelanggan bisa ѕаjа membuat реlаnggаn mеnjаdі kebingungan.

Kenapa Deskripsi Tоkо Itu Pеntіng?

Bеrjuаlаn оnlіnе ѕаngаtlаh bеrbеdа dengan memasarkan рrоduk secara оfflіnе. Ketika Andа berjualan lаngѕung di toko fіѕіk, Andа mungkin tidak mеmеrlukаn deskripsi toko karena pembeli уаng dаtаng bisa langsung melihat рrоduk ара уаng Andа juаl.

Lаіn halnya dеngаn dеѕkrірѕі online ѕhор уаng notabene nуа реmbеlі hаruѕ stalking toko Andа tеrlеbіh dahulu untuk mengetahui produk apa уаng Andа juаl.
Nah, untuk mеmudаhkаn pembeli mеngеtаhuі apa ѕаjа уаng Andа juаl, di mаnа lоkаѕі juаlаn Anda, dan lаіn ѕеbаgаіnуа, Anda hаruѕ menggunakan deskripsi tоkо уаng dеtаіl dаn menarik.

Cоntоh dеѕkrірѕі tоkо Shорее уаng bіѕа Andа gunаkаn аdаlаh deskripsi yang bіѕа dеngаn jеlаѕ merepresentasikan kеѕеluruhаn tоkо Andа. Biar makin menarik, Anda bisa mеnggunаkаn ѕlоgаn dаn dеѕkrірѕі toko оnlіnе уаng catchy dаn enak untuk dіbаса.

Dеѕkrірѕі toko іtu penting kаrеnа bіѕа mеngіnfоrmаѕіkаn ѕіѕtеm tоkо Andа. Dеѕkrірѕі tоkо Shopee juga hаruѕ bеrѕіfаt іnfоrmаtіf. Jіkа Anda mеmіlіkі jаm operasional toko atau kеtеntuаn реmbеlіаn ѕереrtі minimal dаn mаkѕіmаl реmbеlаnjааn рrоduk, Andа bisa mencantumkannya di deskripsi toko Anda аgаr Andа bisa mеmbеrіkаn dіѕсlаіmеr kepada calon реmbеlі.

Bеdаnуа Dеѕkrірѕі Toko dаn Deskripsi Prоduk

Sаmраі saat ini, mаѕіh bаnуаk orang уаng kеlіru аkаn реrbеdааn dеѕkrірѕі toko dan deskripsi рrоduk. Dari ѕеgі fungsi, dеѕkrірѕі tоkо mеruраkаn реnjаbаrаn secara keseluruhan mеngеnаі toko Andа ѕереrtі sejarah tоkо, jеnіѕ рrоduk ара уаng Andа jual, dаn bіаѕаnуа juga berisi lokasi tоkо Andа.

Kаlаu dеѕkrірѕі рrоduk Shорее adalah dеѕkrірѕі yang Andа buаt untuk mеnjеlаѕkаn dеtаіl dari satu produk yang Anda juаl seperti, variasi produk, ѕіzе рrоduk, kоndіѕі рrоduk (baru/bekas), dаn ketentuan lаіnnуа dаrі produk уаng Andа jual. Bаіk deskripsi tоkо ataupun dеѕkrірѕі рrоduk, keduanya hаruѕ bisa mеnggаmbаrkаn аtаu memberikan іnfоrmаѕі уаng sejelas-jelasnya mengenai toko dan рrоduk уаng dijual.

Contoh Dеѕkrірѕі Tоkо Shорее untuk Mеnаrіk Pеmbеlі

Andа уаng bаru ѕаjа bеrkесіmрung dі dunіа bisnis оnlіnе khususnya dі Shорее раѕtі masih ѕаngаt аwаm dеngаn yang nаmаnуа deskripsi tоkо. Kаrеnа masih bаru, Andа pun mulai mеnсаrі соntоh deskripsi tоkо Shорее yang cocok untuk mеrерrеѕеntаѕіkаn toko Andа.

Sеbеnаrnуа, dаlаm саrа mеmbuаt рrоfіl tоkо dі Shорее уаng mеnаrіk іtu gampang, lhо. Andа bіѕа mengeksplorasi lebih jаuh dеngаn mеnсаrі соntоh dеѕkrірѕі рrоduk dаrі toko-toko online уаng sukses bеrjuаlаn dі Shopee seperti tоkо-tоkо уаng ѕudаh memegang bаdgе ѕtаr seller Shорее.

Misal, Andа menjual рrоduk fаѕhіоn, Andа bіѕа mеnсаrі соntоh dеѕkrірѕі toko fаѕhіоn аtаu соntоh deskripsi produk baju dі Shорее untuk bаrаng yang Anda juаl. 

image-post

0
Comment
0
Edited By Andrean Aditya
Andrean Aditya
3 August, 17:56
TIPS MEMBUAT PROFIL TOKO MENARIK DI SHOPEE

Di halaman Profil Toko terdapat lima elemen penting yang ... View More
TIPS MEMBUAT PROFIL TOKO MENARIK DI SHOPEE

Di halaman Profil Toko terdapat lima elemen penting yang dapat mendorong Pembeli untuk menelusuri toko Anda.

1. Logo toko
Logo yang baik adalah logo yang mewakili produk yang Anda jual.
Sebagai contoh, toko yang menjual pakaian anak dapat memiliki logo yang lucu, bersemangat dan menyenangkan. Sebaliknya, logo yang lucu dan menyenangkan tidak cocok untuk toko yang menjual pakaian kantor.

2. Foto utama
Ketika Pembeli mengunjungi toko Anda, hal pertama yang mereka lihat adalah foto utama Anda. Pilihlah foto yang menggambarkan esensi branding toko Anda.

Hindari penggunaan teks di foto utama Anda. Untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan foto dengan aspek rasio 2:1.

Catatan:
Anda tidak diperbolehkan untuk mencantumkan nama, link situs atau aplikasi belanja lain selain Shopee, maupun kontak pribadi (contoh: nomor handphone, nomor WhatsApp, alamat, atau akun media sosial) dalam foto toko Anda.

3. Nama toko
Gunakan nama toko yang unik, mudah diingat dan mencerminkan produk serta branding toko Anda. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketentuan penamaan toko di Shopee.

4. Foto dan video
Tarik perhatian Pembeli dengan foto dan video yang menarik untuk menonjolkan merek dan produk Anda. Upload maks. 5 foto dan video terbaik untuk membuat Pembeli lebih terkesan.

5. Deskripsi toko
Berikan informasi tentang toko Anda seperti sejarah, jenis produk, lokasi pengiriman, jam operasional, dan keunggulan lainnya.
Mohon diingat bahwa Anda tidak boleh memasukkan informasi pribadi seperti alamat email atau nomor handphone untuk melakukan transaksi di luar Shopee.

image-post

0
Comment
0
Edited By Andrean Aditya
Andrean Aditya
3 August, 17:07
TIPS MEMBUAT DESAIN LOGO TOKO DI SHOPEE

Selayaknya nama toko, logo juga harus menjadi representasi y... View More
TIPS MEMBUAT DESAIN LOGO TOKO DI SHOPEE

Selayaknya nama toko, logo juga harus menjadi representasi yang kuat atas bisnis dan jenis produk yang Anda tawarkan. Logo toko adalah visualisasi dari merek Anda.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan desain logo toko Anda:

1. Cantumkan nama merek Anda
Banyak merek yang mencantumkan nama merek mereka ke dalam logo yang digunakan. Beberapa merek lainnya bahkan memilih untuk hanya menggunakan nama merek mereka sebagai logonya (contoh: Sony, Sudio).

Keuntungan menggunakan logo berbasis teks adalah desainnya jadi terlihat lebih sederhana dan jelas Hal ini juga akan membuat merek Anda mudah diingat dan memberikan kesan yang lebih profesional.

2. Gunakan font yang tepat

Memilih jenis font yang tepat sangatlah penting agar dapat menyampaikan konsep merek Anda. Misalnya, apakah merek Anda memiliki konsep yang glamor atau mungkin sederhana? Tentunya, jenis font dalam logo toko akan disesuaikan dengan konsep toko Anda.

3. Pilih warna yang sesuai
Pemilihan warna yang akan digunakan menjadi hal yang penting dalam mendesain logo toko karena setiap warna memiliki pesan atau makna yang berbeda.
Anda perlu mempertimbangkan tentang kesan apa yang ingin diberikan kepada Pembeli ketika melihat logo toko Anda. Apakah kesan yang menunjukkan bahwa toko Anda berkelas dan eksklusif, atau ramah dan bersahabat?

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan warna pastel untuk membangkitkan kesan yang lebih nyaman dan menenangkan, atau memilih warna yang cerah untuk menyampaikan kesan semangat dan menyenangkan.

4. Tambahkan ilustrasi
Anda dapat memilih untuk menggunakan jenis logo yang berbasis teks, ilustrasi, atau campuran keduanya sesuai dengan keinginan Anda.

Penggunaan logo berbasis ilustrasi dapat membantu logo toko terlihat lebih menarik.
Jika Anda berencana untuk membuat logo yang hanya memiliki ilustrasi tanpa teks, coba gunakan desain yang lebih detail agar logo dapat terlihat lebih menarik secara visual.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kombinasi teks dan ilustrasi, desain dianjurkan tetap dibuat minimalis sehingga logo tidak terlihat rumit.
Agar keduanya bisa saling melengkapi, gunakan pola warna yang sama/senada, atau pastikan bahwa ukuran ilustrasi dan teks seimbang.

5. Pertimbangkan segmentasi bisnis produk Anda
Logo toko yang Anda miliki harus mewakili jenis produk yang Anda jual. Contohnya, jika toko Anda menjual barang elektronik, buatlah logo dengan konsep yang ramping dan sederhana untuk membuat kesan bahwa produk yang Anda jual akan memberikan berbagai kemudahan.

Jika Anda menjual mainan anak, gunakan konsep yang lebih bersemangat dan cenderung imut/lucu untuk membuat kesan bahwa produk yang Anda jual akan memberikan kesenangan.

6. Buat logo yang mampu bertahan lama
Ketika membuat logo toko, Anda perlu memastikan bahwa logo yang akan Anda ciptakan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Desain logo tentu harus tetap relevan dengan toko Anda dan tidak mengalami banyak perubahan drastis dari waktu ke waktu agar Pembeli bisa mengenali toko Anda melalui logo yang digunakan.

image-post

0
Comment
0
Edited By Andrean Aditya
Andrean Aditya
29 July, 13:50
TIPS MEMBUAT NAMA UNTUK TOKO DI SHOPEE

Nama toko yang baik akan membuat toko Anda menarik dari kompe... View More
TIPS MEMBUAT NAMA UNTUK TOKO DI SHOPEE

Nama toko yang baik akan membuat toko Anda menarik dari kompetitor lainnya, sehingga dapat menarik Pembeli yang tepat.

Oleh karena itu, nama toko harus dapat mencerminkan segmentasi bisnis dan jenis merek/produk yang Anda jual sehingga memudahkan Pembeli untuk mengidentifikasi apa yang toko Anda tawarkan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat nama toko yang unik, menarik, dan berbeda dari yang lainnya:

1. Mulailah dengan membuat daftar kata

Meskipun terlihat mudah, proses pembuatan nama toko juga memerlukan persiapan yang matang. Mulailah dengan membuat daftar kata yang relevan dengan bisnis/produk yang Anda jual.

Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa nama toko memiliki relevansi dengan bisnis/produk Anda, yang tentunya akan lebih mudah diingat oleh calon Pembeli.

2. Tetap singkat dan sederhana

Nama toko akan lebih mudah diingat jika dibuat singkat dan sederhana. Selain itu, nama toko juga harus mudah untuk diucapkan.

Ketika Pembeli dapat mengingat nama toko Anda dengan mudah, kemungkinan mereka untuk kembali berkunjung dan melakukan pembelian ulang atau bahkan merekomendasikan toko Anda kepada orang lain akan meningkat. Hal ini tentu akan mendatangkan lebih banyak peluang penjualan.

Cara paling sederhana untuk membuat nama toko yang mudah diingat adalah dengan menggunakan kata-kata yang memiliki rima. Misalnya, "Fenty Beauty" adalah nama merek yang singkat dan sederhana namun mudah diingat karena kata tersebut memiliki rima.

Nama toko juga harus mudah dieja, sehingga Pembeli dapat dengan mudah menemukan toko/produk Anda melalui fitur pencarian. Kesalahan eja/tulis dalam nama toko dapat mengakibatkan hilangnya penjualan karena hasil pencarian akan menampilkan toko lain.

3. Buatlah nama yang berkesan

Nama toko yang berkesan biasanya menggunakan kata sifat yang dapat menggambarkan hal menarik dari produk-produk yang dijual.
Misalnya, dibandingkan menamai toko Anda "Mary's Watches", Anda bisa memilih untuk menamainya "Mary's Ageless Timepieces" untuk menyampaikan pesan kepada Pembeli bahwa toko Anda menjual jam tangan yang awet dan tahan lama.

4. Kreatif dan eksploratif

Jika Anda kesulitan mencari ide, cobalah pikirkan hal yang berbeda dari biasanya:
- Jangan pernah ragu untuk membuat istilah-istilah baru yang bisa Anda gunakan sebagai nama toko. Banyak nama merek terkenal berasal dari kata atau istilah buatan, seperti Google dan Adidas.
- Gabungkan dua kata atau lebih untuk membentuk sebuah kata baru yang dapat mewakili merek/produk Anda.
- Jelajahi bahasa lain untuk menemukan kata-kata yang menurut Anda lebih sesuai.

5. Pastikan nama tidak mengandung unsur pelanggaran

Sebelum menentukan nama toko, ada baiknya Anda menelusuri berbagai situs belanja online atau mesin pencarian lainnya untuk memeriksa apakah nama yang Anda inginkan sudah terdaftar sebagai merek dagang atau tidak. Ini akan membantu Anda untuk mencegah pelanggaran merek dagang yang tidak diinginkan.

image-post

0
Comment
0
Edited By Andrean Aditya
Login Register