Komunitas Pengusaha yang sedang membangun tim bisnis yang Fantastik! || Event terdekat: Funtastic 6 Framework: https://thepengusaha.com/f6fws

see more
Public
Business & Finance
730
Helmi Nasir
9 February, 09:09
#Resume psyhycology of money
1. Tak seorangpun gila
- Menelola uang dengan baik tidak ada hubunganya... View More
#Resume psyhycology of money
1. Tak seorangpun gila
- Menelola uang dengan baik tidak ada hubunganya dengan kecerdasan anda dan lebih banyak berhubungan dengan perilaku anda, dan perilaku sukar diajarkan bahkan kepada orang-orang yang sangat cerdas.
- Kita semua melakukan hal gila dengan uang, karena kita semua relative baru dalam permainan dana pa yang tampak gila bagi anda boleh jadi masuk akal bagi saya, namun tidak ada yang benar-benar gila. Kita semua membuat keputusan berdasarkan pengalaman untuk masing-masing yang tampak masuk akal bagi kita pada saat tertentu
2. Keberruntungan dan resiko
- Dampak tindakan kebetulan diluar kendali anda bisa lebih besar daripada tindakan yang anda sengaja
- Keberhasilan adalah guru ang payah membuat orang pandai berfikir dia tiak bisa kalah
- Kegagalan bisa jadi juga pengalaman guru yang payah, karena membuat orang pandai berfikir keputusan buruk padahal kadang mereka sekedar sial trik menghadapi kegagalan adalah menata kehidupan finansial sedemikian rupa sehingga satu investasi buruk disini satu kegagalan mencpai tujuan finansial disana tak membuat anda habis dan anda masih terus bermain sampai beruntung
-
3. Tak pernah cukup
- Cukup tidak terlalu sedikir
4. Penumpukan membingungkan
- Untuk menjadi lebih besar dan baik adalah dengan melakukan hal hal kecil untuk mencapai tujuan yang besar
- Warren buffet adalah investor terbaik keahlianya adalah investasi tapi rahasianya adalah waktu
5. Menjadi kaya vs tetap kaya
- Mendapat uang dan menyipan uang adalah dua keahlian yang berbeda
- Mendapatkan uang diperlukan resko sikap optimis dan tampil diluar
- Menyimpan uang dibutuhkan kerendahan hati, rasa takut hkehilangan apa yang didapt secara cepat, diperlukan sikap hemat dan pengakuan bahwa setidaknya sebagian didapat karena keberntungan, jadi keberhasilan masa lalu tdak bisa diandalkan untuk berulan terus menerus
“besok tidak sama dengan hari ini, kita tidak boleh lalai, kita tidak bisa berasumsi bahwa keberhasilan kemarin akan menyebabkan nasib baik esok hari”
6. Anda menang undian
- Definisi genius inestasi adalah orang yang bisa melakukan hal biasa ketika semua disekilingnya jadi gila
- Belajar dari Disney yang telah memproduksi 400an lebih film sebagian besar rugi hanya sedkit yang untung namun film snow white and the seven dwarfs merubah segalanya semua hutang bisa dilunasi, karyawan di gaji lebih agar tidak pindah dll artinya keberhasilan anda akan ditentukan oleh bagaimana anda menanggapi beberapa moment mengerikan, bukan bertahun* yang menghabiskan dengan lancer
-
7. Kemerdekaan
- Memiliki rasa yakin memegang kendali atas kehidupan sendiri adalah pertanda perasaan positif kesjahtraan yang lebih andal daripada kondisi objectif kehidupan yang kita pertimbagkan
- Serta kemampuan memberik kendali atas waktu anda
-
8. Paradox orang dalam mobil
- Kendali atas waktu adalah dividen tertinggi yang diberikan uang
9. Kekayaan adlaah apayang anda tak lihat
- Kaya dan kekayaan berbeda
- Kaya merujuk kependapatan serakang sedangkan kekayaan adalah tesembunyi
-
10. Menabung uang
- Yang penting adalah menemukan lebih banyak eneri itu sebagain besar diluar Kendal kita dan penuh ketidak pastian
- Kekayaan relative terhadap apa yang kita butuhkan dan hasil yang tersembunyi menjadi semakin pentinng
11. Masuk akal > rasio
- Menentukan hasil pendapatan sendiri dan kebutuhan pribadi atau keluarga serta mempu menentukan rasio disetiap asek
-
12. Kejutan
- Perubahan yang sangat cepat embuat banyak kejutan yang kita hadapi namun tetap terus mengikuti dan beradaptasu
-
13. Ruang untuk keselahan
- Titik kegagalan paling besar dalam hal uang adalah hanya mengandalkan satu gahi yntuk mendanai belanja jangka pendek tanpa tabungan untuk banyalan anatara belanja masa kini dan belanja masa depan
-
14. Anda akan berubah
- Perncaanaan jangka panjang lebihsulit dripada yang dibanyakangkan karena tujuan dan keinginan sering berubah
15. Tidak ada yang gratis
- Kita dituntut untuk membayar harga untuknya, proses usaha membeli dll
16. Anda & saya
- Usahakan mengenali permainan yang anda lakukan (bisnis, investasi dll)
-
17. Godaan pesimisme
- Optimisme adalah taruhan terbaik bagi kabanyakan orang karena dunia cenderu membaik bagi kebanyak oran sebaai besar waktu namun punya tempat istimewah dalam hati kita
-
18. Ketika anda percaya saja
Memuaskan kebutuhan itu adalah cara bagus untuk kehidupan
19. Bersama-sama sekarang
- Kurangi ego tambah kekayaan , kelola unag dengan baik, rendah hati santai dalam menghadapi masalah
20. Pangakuan
Jadilah orang mandiri bukan kaya 

image-post

4
Comments
2
Istato
9 April, 04:46
Turning the Flywheel by Jim Collins


No matter wh... View More
Turning the Flywheel by Jim Collins


No matter what your walk of life, no matter how big or small your enterprise, no matter whether it’s for-profit or nonprofit, no matter whether you’re CEO or a unit leader, the question stands, How does your flywheel turn?. Jim Collins.

Merasa bersyukur sekali dikenalkan buku ini, buku yang jarang diketahui dibandingkan dengan karya-karya fenomenal maha guru bisnis Jim Collins seperti Built to Last, Good to Great, How the Mighty Fall, Great by Choice.

Buku yang tipis hanya 30an halaman tetapi sangat fundamental dan merupakan pelengkap dari buku-buku karya Jim Collins untuk dipraktekan. Buku ini sekaligus menjawab sebuah pernyataan seorang mentor yang mengajarkan buku ini, “Jika bisnis mu tidak mempunyai fundamental yang jelas, dipikir-pikir lagi atas waktu, biaya, tenaga, pikiran dan pengorbanan yang diberikan”. Apalagi jika dikaitkan dengan visi perusahaan yang idealnya mempunyai infinite vision, tidak sekadar visi jangka pendek.
Buku ini merupakan ringkasan pemikiran Jim Collins yang diawali saat mendampingi Amazon pada tahun 2001 untuk melakukan transformasi Amazon sebagai great company. Jim Colliins mengajarkan konsep flywheel effect.

Mekanisme kerja flywheel dengan preposisi tidak ada upaya tunggal, tidak ada program besar, tidak ada inovasi tunggal, tidak ada keberutungan dan tidak ada keajaiban. Tetapi, transformasi besar itu dilakukan seperti memutar sebuah roda besar dari berbagai langkah yang saling menguatkan. Putar dengan upaya besar secara konsisten, semakin cepat, terus terus dan akhirnya makin cepat dan membesar hingga mendapatkan momentum yang tak dapat dihentikan.

Sekali mampu mengetahui bagaimana cara memutar flywheel momentum dengan pemahaman, kreativitas dan disiplin maka kita akan mendapatkan kekuatan akumulasi dari compounding effect yang menjadikan putaran semakin besar secara jangka panjang.

Dalam kasus amazon, sketsa model flywheel momentum digambarkan seperti ini
DImulai dari harga yang murah sehingga mendatangkan pelanggan. Pelanggan yang datang semakin banyak meningkatkan volume penjualan. Volume penjualan yang tinggi meningkatkan komisi pembayaran bagi para mitra penjual. Peningkatan mitra penjual memperluas jaringan distribusi dan biaya fix toko online website. Fix cost yang menurun dan volumen penjualan yang tinggi meningkatkan pendapatan sekaligus efisiensi. Pendapatan dan efisiensi tinggi menjadikan harga yang lebih murah lagi. Dengan pola flywheel seperti ini akhirnya dalam perjalanan yang 20 tahunan, Amazon menjadi perusahan retail online terbesar saat ini.

Contoh lain dalam buku ini ialah flywheel dari Vanguard, sebuah perusahaan mutual fund, lalu perusahaan Intel, perusahaan processor,giro flywheel, sebuah perusahaan produesen helm sepeda dan Ware elementary school. Silakan dimaknai sendiri ya model flywheelnya.

Langkah membuat flywheel:
1.Buat daftar capaian keberhasilan perusahaan yang signifikan dan berulang
2. Buat daftar kegagalan dan kekecewaan dari customer
3. Bandingkan poin 1 dan poin 2 untuk mendapatkan kemungkinan komponen flywheel yang mau dikembangkan
4. Tetapkan komponen flywheel di perusahaan yang akan dibuat dengan sketsa dengan jumlah maksimal 6 komponen. Jika lebih dari enam, lakukan penyederhanaan dan penggabungan untuk mendapatkan esensi dari flywheel.
5. Ujicoba flywheel dengan dikaitkan terhadap daftar keberhasilan dan kekecewaan/kegagalan proses bisnis anda. Lakukan validasi berulang sehingga anda dapat menjelaskan keberhasilan terbesar yang berulang merupakan hasil secara langsung dari berputarnya flywheel. Sebaliknya, kekecewaan terbesar merupakan kegagalan eksekusi dari flywheel.
6. Ujicoba model flywheel terhadap prinsip tiga lingkaran Hedgdog Concept. Sebuah konsep sederhana yang mengalir dari pemahaman yang mendalam dari keterkaitan tiga lingkaran yaitu : 1) Hal apa yang merupakan hasrat terdalam anda, terkait dengan tujuan utama perusahaan, 2) Hal apa yang anda mampu lakukan terbaik di dunia, 3) Hal apa yang menjadi pendorong mesin atau sumber ekonomi anda.

Model flywheel setiap perusahaan bisa sama atau berbeda, dan tidak harus selalu bersifat unik. Diantara dua atau lebih perusahaan pada industri yang sama atau berbeda dapat mempunyai flywheel yang sama. Yang terpenting ialah sebaik mana pemahaman anda dan sebaik mana eksekusi anda pada setiap komponen dalam pengulangan jangka panjang terhadap flywheel anda. Hal ini untuk mendapatkan efek akumulatif penuh dari berputarnya flywheel melalui upaya perbaikan berkelanjutan.

Menjadi Perusahaan Hebat
Bagaimana perusahaan hebat memperbesar model flywheel hingga mampu berkembang 10x diantara perusahaan lain dalam industri yang sama? Perusahaan-perusahaan ini melakukan validasi empiris sebelum melakukan operasi besar. Metode ini diistilahkan di buku ini dengan fire bullets then cannonballs.

to be continued in part two ya :) 


3
Comment
0
Helmi Nasir
9 April, 03:04
Marketing 4.0
Penulis : Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, & Iwan setiawan
Resume
... View More
Marketing 4.0
Penulis : Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, & Iwan setiawan
Resume
- Dalam membuat keputusan pembelia, pelanggan pada dasarnya terpengaruh oleh 3 faktor
1. Mereka terpengaruh oleh media pemesaran, seperti televisi, media social, media cetak dll
2. Mereka dipengaruhi atau terpengaruh oleh orang kegita, teman keluarga atau inluncer
3. Mereka terpengaruh karena pengetahuan atas merek tersebut
Sebenarnya pelanggan masa kini sangat tergantung pada pandapat orang lain, sehingga mereka lebih mementingkan rekomndasi seseorang daripada coba –coba.
- Ada 3 target pasar yang sangat baik untuk pemasaran yaitu kaum muda, perempuan atau ibu rumah tangga dan warganet.
1. Dimana kaum muda sering kali menjadi generasi pertama untuk mencoba produk baru, suka dengan tantangan baru, ingin memiliki prooduk atau seuasana tersebut dan begitu seterusnya
2. Sedangkan ibu ibu lebih hati-hati dan senang dengan rekomendasi orang sehingga ketika mereka memiliki tidak merasa kecewa dan yakin atas produ rekomdasi tersebut.
3. Warganet adalah pasar yang sangat efektif untuk menampilkan produk di media online sehingga akan menjangkau produk lebih luas
- Siklus pemasaran dari sebuah produk
1. Aware : bagaimana caranya prduk kamu dikenal banyak orang dulu, dalam kasus ini tak kenal maka tak terjual
2. Appeal : ketika produk merka sudah tau maka tugas kedua adalah bagaimana cara mereka agar tertarik untuk membeli
3. Ask : tika mereka sudah masuk kedalam linkungan ini artinya mereka sdh ada niatan untuk membeli suatu produk melaui cs dsb
4. Act : mereka berhasil membeli produk usahamu
5. Advocate : agar bisnismu terus berkembang dan tumbuh harus melayani konsumen yang sudah pernah beli agar mereka beli lagi, karena jika kamu terus-terus mencari konsumen baru maka biaya marketing akan semakin meningkat
- Pentingnya penggemar dan musuh
Dalam strategi marketing kenapa butuh penggemar dan musuh karena ini menjadi salah satu strategi yang baik dan minum badget, sehingga perusahaan tidak perlu menjelaskan keunggulan produk tersebut kepada yang membeli/musuh cukup para penggemar yang menggemari produk tersebut menjelasakan secara detail dan menghujat balik perilaku mereka 

image-post

1
Comment
0
umi mulya
27 January, 11:50
Review Buku #KaptenUmi #Agen

Judul Buku: Kuasai Dirimu (Panduan Membangun Mind-Set dan Mental Suks... View More
Review Buku #KaptenUmi #Agen

Judul Buku: Kuasai Dirimu (Panduan Membangun Mind-Set dan Mental Sukses
Penulis: Ahmad Dzikran

Baca buku ini Cuma bisa geleng manggut-manggut, isinya kok kayak nyindir saya semua, hihihi tanda ego saya belum bisa tak kuasai hehe..

Saya sadari musuh terbesar dan terberat manusia adalah diri sendiri. Diri sendiri yang gak semangat, tidak disiplin, suka menunda pekerjaan, terlalu nyaman di zona nyaman, pesimistis, meragukan kemampuan sendiri, tidak mudah bergaul, dan tidak memiliki mimpi atau visi dan rencana kehidupan. Inilah penghambat sesungguhnya bagi kesuksesan dan kebahagiaan.

Sifat-sifat diatas harus dikalahkan, dienyahkan , dan disingkirkan jauh-jauh. Namun, mengalahkan diri sendiri tidaklah mudah.

Penguasaan diri sendiri perlu rencana, strategi, cara, serta Langkah yang tepat dan jitu. Juga butuh tekad kuat, perjuangan, pengorbanan, kesabaran, keuletan, komitmen dan konsistensi.
Buku ini memuat pedoman teoritis dan praktis mulai dari bab mengenali diri sendiri, mengelola ego dan cita-cita, menajamkan dan menjernihkan pikiran, Ketika semuanya sulit, tanyakan pada dirimu, apakah kamu memperburuk dirimu atau memperindahnya, serta diajari untuk think big, act small dan start now.

Kata-kata para pakar yang menusuk relung sanubari saya antara lain:

Tina Lifford, artis Film Holliwood “ Ketika Anda mengenali diri sendiri, maka Anda telah diperkuat. Tetapi Ketika Anda berhasil menerima diri sendiri, maka Anda tidak akan terkalahkan.”

Steve Job, Pendiri Apple, “ Jangan biarkan opini orang lain menghalangimu dari suara hati. Dan yang paling penting, milikilah keberanian untuk mengikuti hati dan intuismui”.

Sekian Review dari saya, semoga bermanfaat..

Reviewer,
Umi Mulya

image-post

0
Comment
1
Faisal akbar
9 February, 09:40
#Reviewbuku #kbmtdajogja
The psychology of money
Penulis: Morgan Hausel

... View More
#Reviewbuku #kbmtdajogja
The psychology of money
Penulis: Morgan Hausel

Ini adalah kunci untuk memahami bagaimana keputusan finansial dibuat.
Setiap Orang Punya Pengalamannya Sendiri Terhadap Uang dan Ekonomi
Kita semua berpikir bahwa kita tahu bagaimana cara dunia bekerja, padahal kita hanya merasakan secuil dari realitas yang terjadi di sekeliling dunia. Gunakan pendekatan “we know less than we’d like to think we do” dalam memahami psikologi uang.
Pengalaman Pribadi Menentukan Keputusan Finansial Seseorang
manusia adalah mahluk rasional yang selalu membuat keputusan terbaik untuk memaksimalkan keuntungan pribadinya.
Keberuntungan Memainkan Peran Penting Dalam Kesuksesan Finansial Lebih dari yang Kamu Kira
Psikologi manusia cenderung meremehkan atau membesar-besarkan peran dari keberuntungan pada sebuah kejadian. Jika kita berhasil, kita sering mengaitkannya dengan kerja keras; namun ketika kita gagal, kita kerap beranggapan bahwa kita sedang tak beruntung. Namun jika orang lain gagal, kita beranggapan bahwa ia hanyalah seseorang yang malas dan tak mempunyai tujuan.
Fokus Pada Pola-Pola Umum Untuk Membuat Keputusan yang Lebih Baik
Jangan terlalu terobsesi dengan strategi yang diterapkan oleh individu-individu tertentu karena bisa jadi ia adalah outliers dari keadaan umum yang terjadi
Rasa Iri Membuatmu Gegabah dalam Bertindak
Rasa iri membuatmu gegabah dalam bertindak. Dan “biaya” yang harus kamu bayarkan untuk menebus tindakan tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan.
Mengumpulkan Harta Lebih Mudah Daripada Menjaganya
Pola pikir dan mental yang harus dibangun untuk dapat mengumpulkan uang adalah berani mengambil risiko dan memiliki optimisme yang tinggi. Sementara untuk menjaga kekayaan dibutuhkan permainan psikologis yang berbeda; yang akhirnya mendorong seseorang untuk hidup sederhana dan lebih berhati-hati.
Alokasikan Uang Untuk Berinvestasi Pada Banyak Jenis Aset yang Berbeda
Setiap jenis aset memiliki karakteristik dan risikonya tersendiri. Ketika kamu dapat membuat beberapa keputusan yang baik, kamu akan memiliki ruang sedikit lebih banyak untuk berbuat “kesalahan”
3
Comment
1
Login Register