3 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online
Business
3 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online
  • minlio Minlio
  • 15 August 2022
  • 209 Views

Memulai suatu usaha bukanlah hal yang mudah, akan banyak tantangan yang harus dilewati untuk menjalankan bisnis sampai menghasilkan keuntungan. Bahkan sejak pandemi banyak pebisnis yang mulai memasarkan produknya secara online. 

Saat ini, berbisnis online memang memiliki lebih banyak kelebihan dibanding dengan konvensional. Apalagi kesempatan berbisnis online kini semakin terbuka lebar seiring dengan berkembangnya teknologi. Semua orang bisa memiliki bisnis online dengan modal kecil bahkan tanpa modal dan biaya operasional yang lebih terjangkau. 

Karena kemudahan ini tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menjalankan bisnis online. Tetapi, hanya sedikit dari mereka yang berhasil dan bertahan dalam jangka panjang untuk menjalankan bisnis online. Biasanya ada beberapa kesalahan yang mereka lakukan sehingga memutuskan untuk mundur dan berhenti. 

Berikut 3 kesalahan pebisnis online yang harus kamu hindari:


1. Rencana yang Kurang Matang
Ini merupakan satu hal yang cukup penting saat menjalankan bisnis online. Namun, nyatanya tidak semua pebisnis melakukan hal ini. Anda bisa melakukan perencanaan untuk bisnis online dan menggambarkan model bisnis seperti yang Anda inginkan. 

Dengan melakukan hal di atas Anda dapat mengetahui siapa target dan apa tujuan yang ingin kamu capai. Tanpa adanya rencana yang matang kamu hanya bisa meraba-raba dan tidak bisa menentukan bagaimana bisnis Anda akan berjalan ke depannya. 


2. Manajemen Keuangan yang Buruk
Kesalahan yang kedua adalah manajemen keuangan bisnis yang buruk. Anda tidak bisa mencampur uang dari bisnis online dengan uang pribadi dan tidak melakukan pencatatan cash flow secara detail. 

Sebagai pebisnis online pemula disarankan agar menghitung semua aktivitas keuangan sehingga Anda juga dapat mengetahui pengeluaran dan estimasi keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan. 


3. Konten Pemasaran yang Tidak Efektif
Banyak pebisnis online yang mengeluarkan biaya besar sekaligus untuk iklan di media sosial tanpa memahami target audiens sesungguhnya. Hal ini akan dapat menyebabkan kerugian yang tidak terkendali pada bisnis Anda. 

Sebaiknya, Anda menggunakan strategi konten menarik dan posting secara organ ik terlebih dahulu untuk melakukan pendekatan dengan target audiens Anda melalui media sosial. Setelah Anda mengenal lebih dalam mengenai target audiens, barulah rencanakan untuk membuat iklan.


Berikut 3 kesalahan pebisnis online yang harus Anda hindari ketika sedang merintis dan menjalankan bisnis online. Untuk materi lengkap strategi membangun bisnis online yang profitable, Anda bisa temukan di List Building Mastery atau List Building Black Book.

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio