Cara Mengembangkan Bisnis dengan 5W+1H dalam Marketing Plan
Business
Cara Mengembangkan Bisnis dengan 5W+1H dalam Marketing Plan
  • minlio Minlio
  • 28 November 2022
  • 4,562 Views

Konsep 5W+1H ini biasanya digunakan dalam bidang jurnalistik sebagai pedoman bagi wartawan untuk mendapatkan sumber berita. 

Jurnalis bisa mendapatkan berita yang rinci dan detail karena mereka tahu cara mengumpulkan fakta untuk membuat laporan secara lengkap. Adapun mereka menggunakan 5W yaitu who, what, when, where, ditambah 1 how. Terdapat anggapan bahwa informasi telah didapatkan secara lengkap apabila dapat menjawab seluruh pertanyaan di dalam 5W+1H ini. 

Namun, tentunya 5W+1H ini juga bisa diterapkan dalam mengembangkan bisnis online. Karena Metode ini menjadi panduan yang memuat beberapa pertanyaan sebagai pengumpulan informasi dalam mengembangkan bisnis. Berikut ini penerapan 5W+1H dalam mengembangkan bisnis online


1. Who
Kepada siapa Anda menjualnya?

Dengan menentukan siapa target market yang dituju, Anda dapat merencanakan teknik pemasaran yang tepat dan efektif. Jadi, jika sampai saat ini Anda belum menemukan target pasar maka nantinya akan menghambat Anda untuk membuat konten-konten yang sesuai dengan target pasar yang dituju


2. What
Apa yang mau Anda jual? Apa jenis usaha Anda? Bisnis seperti apa yang akan Anda kembangkan? Pertanyaan ini mungkin terlihat mudah, tetapi cukup krusial saat hendak mengembangkan bisnis Anda. 

Pikirkan secara matang produk apa yang akan Anda jual apabila bisnis Anda ingin bertahan untuk jangka waktu yang lama. Karena jika hanya bersifat sementara atau hanya keinginan sesaat, maka kedepannya akan sangat memengaruhi kinerja Anda saat berbisnis nantinya. 


3. Why
Kenapa harus menggunakan produk yang Anda? Produk Anda tentunya harus dapat menjawab pertanyaan ini. 

Di sini Anda dapat menonjolkan Unique Selling Point dan pastikan produk Anda hadir untuk menjadi penyelesaian masalah untuk calon pembeli.


4. Where
Di mana calon pembeli dapat membeli produk Anda? Dan di mana mereka dapat berkomunikasi?

Apakah produk yang dijual dapat dibeli di marketplace atau harus melalui website, atau hanya dijual secara offline, Anda harus menentukan media apa yang digunakan untuk menjual produk. 

Untuk pertanyaan yang kedua juga cukup penting yaitu di mana calon pembeli dapat menjangkau Anda. Anda sebagai pebisnis online juga harus menyediakan platform untuk calon pembeli dapat berkomunikasi baik dengan Anda ataupun dengan pembelilainnya. 

Anda bisa membuat tribe Anda sendiri yang tersedia di tribelio.com untuk memudahkan Anda berkomunikasi dan juga memberikan informasi terbaru seputar produk kepada calon pembeli. 


5. When
Kapan saat yang tepat untuk membeli produk Anda? Kenapa harus membeli sesegera mungkin? 

Anda harus mempunyai alasan bagi calon pembeli untuk segera membeli produk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis peluang dan kesempatan yang ada, karena akan selalu ada The best moment to take action.


6. How
Apa yang membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya?

Bukan hanya produk saja yang berbeda, tetapi mencakup semua aspek mulai dari konten, teknik pemasaran, kemasan, dan lainnya harus berbeda dari produk lain dan bisa menjadi solusi yang efektif bagi calon customer. 

Apabila tidak ada perbedaan yang bisa Anda berikan maka calon pembeli juga tidak memiliki alasan untuk lebih memilih produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor. Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang membuat produk Anda berbeda.


Itu dia rumus 5W+1H yang harus Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis online Anda. 

Untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa menggunakan tools yang ada di Tribelio, mulai dari membuat Landing Page secara gratis hingga mengirim broadcast melalui email dan whatsapp untuk mengedukasi dan mengubah audiens menjadi customer.


digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis, marketingplan, 5W+1H
Share
Minlio