7 Tips Membuat Landing Page
Digital Marketing
7 Tips Membuat Landing Page
  • minlio Minlio
  • 27 October 2021
  • 6,048 Views

Di era yang serba online ini, ada 1 strategi yang kini banyak digunakan, Landing Page. Landing Page merupakan halaman website yang didesain khusus untuk kebutuhan marketing.

Memiliki segudang kegunaan, kini bukan hanya brand besar atau pebisnis saja yang menggunakan Landing Page. Bahkan saat ini banyak orang -terlebih influencer- juga menggunakan Landing Page untuk meningkatkan personal branding-nya dan engagement-nya.

Seiring meningkatnya penggunaan Landing Page, ada beberapa tips yang bisa membuat Landing Page yang efektif dan memiliki nilai konversi yang tinggi sesuai tujuan Anda.

Berikut 7 Tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat Landing Page.

 

1. Tentukan Tujuan

Landing Page bukanlah Home Page yang memiliki banyak tujuan. Landing Page harus dibuat to the point, simple dan semenarik mungkin supaya audiens dapat langsung mengikuti arahan yang kalian berikan.

Maka dari itu, Anda harus sudah menentukan 1 tujuan dari Landing Page sebelum Anda mulai membuatnya. Bisa untuk menjual produk ataupun membagikan konten dari berbagai platform sosial media.

Misalnya jika Anda ingin menjual produk A, maka buatlah topik seputar produk A yang dapat meyakinkan audiens untuk beli produk tersebut, seperti kegunaan produk, kelebihan, testimonial dan juga cara beli produk tersebut.

 

2.  Beri Judul serta Lead Magnet yang Jelas dan Menarik

Ketika seseorang membuka Landing Page, tulisan pertama yang mereka lihat adalah judul. Judul merupakan penentu awal seseorang untuk terus baca Landing Page Anda atau justru menutupnya.

Maka dari itu, Anda harus membuat audiens penasaran dan ingin membaca Landing Page Anda dengan membuat judul yang jelas serta berikan penawaran spesial yang menarik. Dengan ini, kemungkinan audiens mengikuti arahan yang Anda berikan semakin besar dan konversi Landing Page Anda pun semakin tinggi.

Misalnya Cara Menjual 100 Produk dalam 1 Hari Tanpa Budget Iklan Besar atau Dapatkan e-book Lead Magnet Black Book – FREE.


3. Desain Rapi dan Minimalis

Mungkin Anda seringkali mendengar pribahasa ‘Don’t Judge a Book by Its Cover’ yang artinya jangan menilai sesuatu dari penampilannya. Namun, tampilan pada Landing Page bisa menjadi salah satu penentu keberhasilan.

Tampilan pada Landing Page merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Maka dari itu, desain yang rapi dan minimalis dapat lebih menarik karena terlihat jelas dan to the point. Anda harus mengerti hal terpenting apa saja yang mau Anda highlight sehingga audiens dapat melihat jelas arahan yang Anda berikan.


4. Mobile Friendly

Menurut riset, 94% pengguna internet saat ini mengakses melalui perangkat mobile (handphone) karena lebih mudah, praktis, dan dapat diakses di mana dan kapan saja.

Maka dari itu, buatlah Landing Page yang PC dan mobile friendly untuk meningkatkan konversi dari Landing Page Anda.


5. Testimoni

Sesuai dengan tujuan Landing Page yang Anda buat, artinya sebisa mungkin Anda harus membuat audiens percaya dan mau mengikuti arahan yang Anda berikan.

Dengan menampilkan testimonial dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap Anda. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan penghargaan yang Anda dapatkan untuk menunjukkan nilai lebih dari produk Anda.


6. Formulir Singkat

Ketika audience membuka Landing Page Anda, tentu Anda ingin mengumpulkan sebanyak mungkin data pengunjung untuk memperbesar email list Anda sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak potential customer.

Maka dari itu, berilah formulir singkat untuk meminta data diri singkat mereka. Salah satu cara supaya mereka mau memberikan data diri mereka adalah beri sesuatu yang bisa mereka dapatkan secara gratis atau beri penawaran khusus.


7. Testing

Tahap terakhir dari pembuatan Landing Page adalah testing. Dengan ini, Anda bisa melihat apakah hasil dari Landing Page tersebut sudah sesuai dengan tujuan Anda.

Jika hasilnya belum optimal, jangan ragu dan terus coba edit hingga Anda menemukan konten dan strategi yang paling cocok untuk Anda.


Berikut 7 tips untuk membuat Landing Page yang efektif dan memiliki konversi yang tinggi. Kini Anda bisa membuat Landing Page di Tribelio Page dengan fitur yang lengkap secara GRATIS untuk meningkatkan penjualan atau personal branding Anda.

Sudahkah Anda buat Landing Page?

#digitalmarketing, #landingpage, #bisnis, #tipsbisnis, #tribeliopage, #dennysantoso
Share
Minlio