4 Alasan Pentingnya Market Research dalam Bisnis Anda
Business
4 Alasan Pentingnya Market Research dalam Bisnis Anda
  • minlio Minlio
  • 29 September 2022
  • 737 Views

Market research atau bisa juga disebut riset pemasaran adalah proses mengidentifikasi atau menganalisis data dalam pasar agar aktivitas pemasaran dapat lebih efektif. Melalui market research, Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat dan valid yang dapat digunakan untuk menentukan target market yang profitable, kegiatan pemasaran dan menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan untuk target market.

Proses market research dapat dilakukan dengan cara melakukan survei, wawancara, dan sebagainya. Karena itu market research menjadi salah satu alasan penting dalam bisnis. 

Berikut 4 alasan pentingnya melakukan research market dalam berbisnis:


1. Evaluasi Bisnis

Market research bisa membantu Anda untuk mengevaluasi produk ataupun teknik pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya dari produk kompetitor. Hal ini bisa membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga dalam membuat penawaran yang paling efektif dan menguntungkan dalam bisnis Anda. 


2. Memahami Pelanggan

Dengan melakukan market research, Anda dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi atau masukan dalam bisnis Anda. Market research yang biasanya dilakukan adalah perilaku konsumen serta keluhan dan harapan konsumen terhadap produk Anda.


3. Identifikasi Strategi Kompetitor

Anda juga bisa mengidentifikasi strategi yang digunakan kompetitor dalam melakukan penjualan. Kemudian, Anda bisa menyusun strategi yang lebih baik sehingga potensi untuk lebih unggul dari kompetitor semakin besar.


4. Mengatasi Kendala dan Resiko

Dalam berbisnis memang biasanya dihadapi dengan berbagai kendala dan harus siap menerima resiko. Namun, dengan melakukan market research Anda bisa mempersiapkan dan memperhitungkan kendala dan resiko yang mungkin akan dihadapi. 


Keempat hal ini merupakan bukti bahwa melakukan market research sangat diperlukan saat berbisnis. Anda bisa meningkatkan penjualan dan memahami konsumen melalui market research. 

Jika Anda ingin menguasai cara melakukan market research, Anda bisa pakai List Building Black Book untuk membantu menjawab pertanyaan Anda seputar bisnis. 

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio