4 Cara Menentukan Unique Selling Point (USP)
Digital Marketing
4 Cara Menentukan Unique Selling Point (USP)
  • minlio Minlio
  • 19 October 2022
  • 890 Views

Salah satu elemen penting yang diperlukan terutama pada bisnis dunia digital agar bisnis atau produk Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan adalah dengan Unique Selling Point (USP).


Apa itu USP? Unique Selling Point atau USP adalah sebuah kelebihan atau keunikan pada produk atau bisnis Anda yang membuat bisnis Anda lebih berbeda dan menonjol dibandingkan dengan bisnis lainnya. 


Oleh karena itu, jika Anda mengetahui USP produk atau bisnis, maka USP ini dapat membantu Anda untuk membuat rancangan strategi marketing yang ampuh sesuai dengan target market Anda. 


Berikut beberapa cara untuk mengidentifikasi USP produk atau bisnis Anda.



1. Tempatkan diri pada posisi pelanggan

Ketika Anda sedang membuat sebuah produk, biasanya pebisnis sering melupakan apa yang dibutuhkan pelanggan. Padahal pengalaman dan kebutuhan pelanggan adalah inti dari menentukan unique selling point yang baik. 


Untuk memenangkan hati pelanggan, Anda harus menawarkan solusi yang terbaik supaya pelanggan memilih produk Anda. Maka dari itu jangan lupa untuk memposisikan diri Anda sebagai pelanggan. 



2. Bandingkan produk dengan kompetitor

Dalam berbisnis, peran kompetitor cukup penting ketika Anda harus menemukan Unique Selling Point. Dengan adanya kompetitor, maka Anda dapat melakukan riset untuk melihat keunggulan dan kekurangan dari produk Anda. 


Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi USP produk Anda. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mempelajari keunggulan produk, kemudian tonjolkan aspek yang tidak dimiliki oleh kompetitor. 



3. Ketahui motivasi pelanggan saat membeli produk

Selanjutnya dalam menentukan USP adalah mengetahui perilaku pelanggan saat membeli produk Anda. Untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat, Anda tidak hanya mengetahui apa yang dibutuhkan tetapi juga harus memahami motivasi pelanggan saat membeli produk. 

Seperti mengetahui berapa rata-rata umur pelanggan hingga pekerjaannya jadi Anda bisa menyiapkan produk yang tepat untuk memotivasi mereka membeli produk yang Anda jual. 



Setelah membaca artikel ini, Anda telah mengetahui cara mengidentifikasi unique selling point. Jika Anda menerapkan strategi digital marketing ini, bisnis Anda bisa sukses dalam jangka waktu yang panjang. 


Jika Anda ingin tahu cara menentukan Unique Selling Point bisa pakai Content Creator Black Book untuk membantu bisnis Anda berkembang. 

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio