5 Alasan Pentingnya Komunitas dalam Bisnis
Community
5 Alasan Pentingnya Komunitas dalam Bisnis
  • minlio Minlio
  • 12 March 2021
  • 919 Views

Ada sebuah pepatah yang berbunyi "Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Jika ingin berjalan jauh, maka berjalan bersama-sama".

Berjalan lebih cepat dan berjalan lebih jauh adalah 2 tujuan yang berbeda. Artinya, Anda bisa saja mencapai tujuan Anda dengan cepat karena Anda lah yang memegang kedali ritme kerja tersebut. Sedangkan, jika ingin berjalan lebih jauh, Anda perlu nasihat dari orang lain yang sudah lebih dulu sukses.

Sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain. Maka dari itu, muncul lah kata Komunitas. Komunitas adalah sekumpulan orang yang melakukan berbagai hal dan memiliki tujuan yang sama, termasuk berbisnis.

Bayangkan jika Anda baru memulai bisnis di suatu bidang yang baru tanpa ada partner yang membimbing Anda. Pasti sangat sulit. Oleh karena itu, Anda perlu mencari insight baru dan dukungan dari orang lain.

Selain komunitas bisnis, bangun komunitas dalam bisnis Anda juga dapat mempererat hubungan konsumen dengan bisnis Anda. Sehingga omzet Anda pasti ikut melejit.

Berikut 5 Alasan pentingnya Komunitas dalam Bisnis.

 

1. Memperluas Relasi

Dengan ikut ke dalam komunitas yang memiliki tujuan yang sama, tentu  Anda berkesempatan untuk berkenalan dengan pebisnis lainnya. Memiliki relasi yang luas dan pererat hubungan dengan mereka mungkin saja dapat membuka peluang bisnis baru.

Jika 2 ide yang berbeda disatukan, hasilnya tentu akan lebih besar dibanding 1 ide.

 

2. Menambah Wawasan

Di komunitas, Anda bisa bertemu dengan banyak orang yang tentunya memiliki ilmu dan pengalaman yang luar biasa. Dari komunitas, Anda bisa mendapat pandangan yang berbeda dari bidang apapun dan belajar banyak hal baru yang bisa Anda terapkan ke dalam bisnis Anda.

Tentunya dengan berbagai ilmu baru yang Anda dapatkan dari komunitas bisa membuat bisnis Anda lebih berkembang.

 

3. Branding

Bayangkan jika Anda baru membangun sebuah bisnis tanpa adanya dukungan dari pihak lain, mungkin akan berat bagi Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda ke khalayak luas

Salah satu cara memperkenalkan bisnis Anda ke khalayak luas yaitu dengan branding. Selain itu, komunitas juga bisa menjadi cara untuk memperkenalkan bisnis Anda dan menarik perhatian khalayak luas dengan cepat.

 

4. Kepercayaan Publik

Sering kali masyarakat ragu akan suatu brand bisnis jika belum ada testimoni dari orang yang mereka percaya. Maka dari itu, dukungan dari komunitas dapat membangun kepercayaan publik terhadap bisnis Anda.

Tentunya dengan dukungan dari komunitas ini dapat mendatangkan konsumen ke bisnis Anda.

 

5. Tingkatkan Loyalitas Konsumen

Komunitas dalam bisnis dapat mempererat hubungan konsumen dengan bisnis Anda. Sehinga terjalin hubungan yang saling membutuhkan, bukan hanya untuk keperluan jual-beli produk.

Selain itu, dengan membangun komunitas dalam bisnis, Anda dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand Anda. Jadi, apapun produk yang Anda tawarkan akan selalu laris manis dibeli mereka.


Tentunya banyak sekali manfaat dari bergabung dengan komunitas dan membangun komunitas dalam bisnis Anda sendiri. Selain itu, dengan berjualan di komunitas kamu juga bisa #LawanPerangHarga. Jadi, sudahkah Anda bergabung dan membuat komunitas untuk bisnis Anda?

komunitas, #tribelio, #bisnis, #Digitalmarketing, #dennysantoso, #tribecommerce
Share
Minlio