5 Istilah Bisnis yang Wajib Anda Ketahui!
Business
5 Istilah Bisnis yang Wajib Anda Ketahui!
  • minlio Minlio
  • 16 September 2022
  • 1,361 Views

Pernahkah Anda melihat istilah dan kosakata yang terasa asing dalam artikel, berita, ataupun laporan bisnis?

Terkadang bisnis yang sukses tidak hanya membutuhkan modal yang besar dan keahlian saja. Pemilik bisnis perlu mengetahui dan memahami istilah asing yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Terutama bila Anda merupakan pebisnis baru, Anda mungkin akan sering menemukan istilah-istilah bisnis yang masih terdengar asing. Padahal dengan menambah kosa kata bisnis, Anda akan lebih mudah untuk bersaing di dunia bisnis nantinya. 

Dengan memahami lebih dalam istilah-istilah bisnis, interaksi dengan sesama pebisnis ataupun konsumen nantinya akan menjadi lebih bervariatif. Selain itu, pengetahuan istilah bisnis bisa menjadi penentu keberhasilan Anda nantinya. Karena, Anda tidak terkendala saat melakukan negosiasi bisnis dan terlihat lebih profesional. 

Berikut istilah-istilah dalam bisnis yang perlu Anda ketahui, antara lain:


1. Stakeholder
Dalam dunia bisnis istilah stakeholder sangat sering digunakan baik untuk bisnis kecil maupun besar. Istilah ini dikenal sebagai pemangku kepentingan dan merujuk pada orang-orang dalam bisnis yang dipengaruhi oleh kebijakan dan tujuan perusahaan. Mereka bisa terdiri dari karyawan, pemegang saham, ataupun investor. 


2. Branding
Istilah “brand” dan “branding” memang sebenarnya tidak berbeda jauh. Jika brand merupakan identitas perusahaan, maka branding adalah aktivitas untuk mempromosikan atau memasarkan produk. 

Contohnya membuat nama dan logo perusahaan untuk membedakan dengan bisnis kompetitor. Gunanya untuk memperkuat nama brand di benak para konsumen. 


3. Expense
Sudah pernah dengar belum istilah yang satu ini? Istilah ini akan Anda sering dengar nantinya. Biasanya expense adalah beban yang dianggap kewajiban perusahaan, yang artinya pengeluaran ini ada dengan tujuan untuk mendapatkan profit. 

Expense adalah penurunan nilai ekonomi di mana terdapat aktiva yang berkurang. Contohnya seperti gaji karyawan, sewa gedung, dan sebagainya.


4. Revenue
Atau yang lebih mudah disebut pendapatan. Revenue merupakan dana masuk yang diperoleh suatu bisnis dalam jangka waktu tertentu. Revenue bisa berupa pendapatan bulanan atau bahkan pendapatan tahunan. 

Revenue merupakan hasil dari operasi dan aktivitas bisnis. Salah satu cara untuk menghitung revenue adalah dengan mengkalikan harga barang dengan jumlah yang terjual. 


5. Income
Selanjutnya pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Yes, Income merupakan nilai keuntungan yang berhasil didapatkan oleh suatu bisnis/perusahaan. Biasanya income akan lebih berfokus kepada besaran ataupun jumlah keuntungan bersih yang mampu diperoleh perusahaan itu sendiri.

Terkadang tidak sedikit orang berpikiran bahwa income sama dengan revenue. Padahal revenue merujuk pada pendapatan perusahaan secara umum, sedangkan income lebih mengacu pada laba (keuntungan) bersih perusahaan. 


Semoga setelah Anda mengetahui istilah-istilah bisnis di atas, Anda semakin memahami dan dapat mengembangkan bisnis Anda ke depannya. Anda juga bisa miliki List Building Black Book untuk mempelajari lebih lanjut cara untuk mengembangkan bisnis yang profitable dan meningkatkan omset Anda.

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio