5 Penyebab Bisnis Startup Gagal
Business
5 Penyebab Bisnis Startup Gagal
  • minlio Minlio
  • 21 December 2022
  • 1,066 Views

Saat mulai dan membangun bisnis, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, salah satunya adalah resiko kegagalan. Sebagai pebisnis, pasti tidak ada yang menginginkan kegagalan, namun Anda perlu mengantisipasi. Selain itu, kegagalan dapat mengajarkan Anda untuk terus kreatif, pantang menyerah, dan belajar untuk jadi lebih baik lagi.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, hanya ada 10% startup yang bertahan hingga saat ini dari 1.300 startup di Indonesia. Penelitian tersebut juga melaporkan sekitar 78% startup bisnis hanya bertahan di tahun pertama dan setengah dari bisnis startup bertahan sekitar 5 tahun. Hanya sepertiga saja yang berhasil bertahan selama 10 tahun atau lebih. 

Tetapi apabila Anda sudah mengetahui penyebab umum kegagalan dalam berbisnis, Anda juga bisa mengurangi resiko kegagalannya. Berikut ini beberapa penyebab kegagalan dalam berbisnis


1. Target Market yang Tidak Jelas
Kesalahan yang paling umum dari kegagalan usaha adalah Anda tidak mengetahui siapa target market dari bisnis Anda.

Pastikan Anda telah melakukan riset yang matang saat membangun bisnis dan mengetahui apa kebutuhan pasar saat ini. Anda juga harus mengetahui kenapa harus menjual produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan. 

Jika riset tidak dilakukan secara matang maka sulit untuk Anda menjalankan bisnis tersebut karena audiens pun tidak memiliki motivasi untuk membeli produk Anda. Jadi pastikan produk Anda bisa menjadi solusi bagi audiens.


2. Pemasaran yang Buruk
Strategi pemasaran yang buruk akan menjadi salah satu alasan bisnis Anda gagal. 

Saat mengembangkan bisnis Anda harus memiliki strategi pemasaran yang baik supaya dapat menarik pelanggan baru dan juga mendapatkan pelanggan setia. 

Jadi jika rencana pemasaran bisnis Anda dari awal sudah berantakan maka akan sulit untuk bisnis dapat berkembang. Karena strategi yang digunakan juga tidak sesuai untuk dapat menarik audiens di media sosial. 


3. Kurang Pengalaman
Memang jika Anda belum memiliki pengalaman bisnis yang cukup, kemungkinan gagal juga akan semakin besar. 

Anda belum mengerti cara menjual produk Anda kepada audiens di media sosial. Bagaimana cara membuat konten-konten menarik yang menampilkan keunggulan produk sehingga audiens tertarik dengan produk Anda.

Hal ini dapat Anda pelajari dengan menggunakan Content Creator Black Book yang membantu Anda untuk membuat konten menarik untuk audiens di media sosial. 


4. Tidak Paham Financial
Kegagalan yang mungkin terjadi dalam menjalankan bisnis adalah kehabisan dana ataupun tidak memperhatikan biaya apa saja yang telah dikeluarkan.

Anda bisa mulai memperhitungkan biaya saat membuat perencanaan bisnis dan pengeluaran apa saja yang dibutuhkan. 

Setelah itu Anda juga harus mengelola arus keuangan karena jika tidak seimbang akan membuat Anda mengalami kerugian pada bisnis yang dijalani. 


5. Mindset yang Salah
Memang tidak semua orang memiliki mindset pebisnis. 

Tetapi yang menjadi kesalahan adalah ketika Anda takut untuk mengambil kesempatan yang ada karena takut mengalami kegagalan. 

Hal ini dapat menyebabkan kegagalan bahkan sebelum Anda membangun bisnis. Untuk mengurangi resiko, Anda bisa mulai membangun mindset yang baik kalau Anda akan sukses dan percaya bahwa keputusan yang dipilih adalah keputusan terbaik. Mindset yang tepat dapat mengantar Anda ke tujuan yang tepat.


Itulah 5 penyebab yang membuat bisnis Anda gagal. Anda bisa menghindari 5 hal di atas untuk mengurangi resiko kegagalan dalam berbisnis. 

Untuk mendukung strategi Digital Marketing Anda, Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang ada di Tribelio. Mulai dari membuat landing page, mengumpulkan database, email dan whatsapp marketing, dan fitur-fitur lain yang dapat membantu untuk mengembangkan bisnis dan juga meningkatkan omzet Anda hingga 10x lipat!


startup, digitalmarketing, tribelio, marketing, tipsbisnis, bisnis
Share
Minlio