Apa Itu Endorse dan 4 Kegunaannya dalam Bisnis
Digital Marketing
Apa Itu Endorse dan 4 Kegunaannya dalam Bisnis
  • minlio Minlio
  • 06 October 2022
  • 764 Views

Memasarkan produk atau jasa melalui media sosial merupakan hal yang kian dilakukan pada era digital saat ini. Karena saat ini, media sosial tidak hanya untuk diperuntukkan sebagai media hiburan, namun sebagai media informasi dan juga sarana jual-beli.

Dan kini, Endorse menjadi salah satu strategi promosi yang paling banyak dilakukan. Endorsement adalah salah satu kegiatan beriklan atau promosi melalui public figure atau influencer yang menunjukan manfaat dan merekomendasikannya kepada pelanggan melalui media sosial. Hal ini bertujuan supaya semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda dan juga penjualan produk Anda ikut meningkat. 

Berikut 4 keuntungan melakukan endorsement pada bisnis Anda:


1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan endorsement, maka masyarakat akan mengenal keberadaan produk Anda. Masyarakat luas semakin menyadari eksistensi bisnis Anda dan semakin mudah untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Maka dari itu bentuk gambar, slogan, ataupun merek dan identitas produk Anda harus dipikirkan matang-matang karena semakin mudah diingat akan semakin mudah untuk viral. 


2. Membuka peluang pasar baru

Manfaat lain yang menguntungkan dari endorsement adalah dapat membantu Anda untuk menjangkau pasar (market) baru. Target pasar dapat disesuaikan dengan demografi pengikut (followers) dari influencer atau public figure tersebut. 

Maka dari itu, jika Anda memutuskan untuk melakukan endorsement, alangkah baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui demografi dari pengikutnya di media sosial. 


3. Meningkatkan Kredibilitas

Jika endorsement dilakukan dengan orang yang tepat, maka kredibilitas produk Anda juga akan meningkat. 

Produk yang Anda jual akan dipandang sebagai produk yang bisa dipercaya dan memiliki kualitas tinggi. Maka dari itu, menentukan public figure atau influencer yang tepat adalah hal yang penting juga sebelum melakukan endorsement. 


4. Bisa Sesuai Kebutuhan 

Biaya untuk melakukan endorsement bisa sangat beragam dan tergantung dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menjual makanan maka promosikan produk Anda melalui public figure yang sering mempromosikan makanan juga. 

Anda tidak perlu khawatir! Saat ini, ada nano influencer yang memiliki engagement yang cukup tinggi dan bisa memberikan impact untuk bisnis Anda walaupun followersnya kurang dari 10.000.


Itu dia 4 manfaat endorse pada bisnis Anda. Perlu Anda ketahui, sebelum melakukan strategi apapun, penting bagi Anda untuk melakukan riset supaya strategi yang Anda pakai2 dapat memberikan dampak yang besar bagi bisnis Anda.

Jika Anda ingin mengetahui strategi List Building untuk meningkatkan omzet hingga 10x lipat, silakan gabung di online course miliki Denny Santoso, List Building Mastery. Di online course ini, Anda akan mengetahui strategi ampuh yang terbukti efektif untuk memiliki bisnis yang profitable.

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio