Beri Diskon: Bikin Rugi atau Untung?
Digital Marketing
Beri Diskon: Bikin Rugi atau Untung?
  • minlio Minlio
  • 21 September 2022
  • 882 Views

Memberikan potongan harga atau promo menjadi salah satu cara cepat untuk membuat calon pelanggan melirik bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan banyak perhatian banyak orang saat memberikan penawaran berupa diskon. Karena banyak pelanggan yang suka untuk memburu barang dengan harga diskon untuk alasan berhemat. Maka dari itu banyak pebisnis atau brand yang memberikan harga diskon di waktu tertentu untuk menjangkau calon pelanggan yang potensial.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, memberikan penawaran diskon tidak akan merugikan Anda apabila dilakukan dengan perhitungan yang tepat dari segi modal, kuantitas produk dan potongan dengan harapan kuantitas penjualan akan meningkat. 

Namun, jika Anda memakai strategi yang tepat ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memberi diskon untuk pelanggan, yaitu:


1. Meningkatkan kesetiaan pelanggan 

Keuntungan dari memberikan tawaran diskon adalah dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. Pelanggan akan merasa diapresiasi karena Anda memberikan perhatian khusus kepada mereka. 

Sesekali Anda perlu memanjakan pelanggan melalui diskon khusus seperti contoh untuk pelanggan yang sudah berbelanja selama 5 kali dalam sebulan. 


2. Menghabiskan stok produk

Anda memiliki produk yang sudah lama tidak terjual atau ingin menghabiskan stok produk lama? Bisa dengan memberi potongan harga terhadap produk tersebut. 

Hal ini bisa menarik perhatian pelanggan karena Anda menjualnya dengan harga lebih murah. Produk tersebut sangat memungkinkan untuk terjual dengan cepat. Karena itu, banyak sekali pebisnis yang melakukan diskon dan cuci gudang. 


3. Meningkatkan penjualan 

Diskon akan sangat menarik perhatian pelanggan jika menggunakan cara yang tepat. Penjualan Anda akan meningkat pesat jika mampu menarik pelanggan dari produk yang Anda jual.

Pelanggan juga tentunya tidak hanya membeli produk yang diskon saja tetapi juga melihat produk-produk lainnya yang sangat menguntungkan untuk brand awareness. 


4. Mendapatkan pelanggan baru 

Diskon dapat membuat pelanggan baru untuk tertarik mencoba produk Anda. Harga murah berarti memiliki resiko yang lebih sedikit bagi mereka.

Mereka memutuskan untuk membeli dan mencoba produk Anda karena membeli dengan harga miring. Ditambah dengan batas waktu yang terbatas, itu bisa menjadi pertimbangan bagi pelanggan untuk tidak melewatkan produk Anda. 


Itu dia beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh saat menawarkan diskon pada pelanggan. Jadi, Anda bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan omzet pada bisnis online Anda. 

Miliki List Building Black Book untuk membantu Anda menemukan strategi pemasaran melalui digital marketing yang terbukti berhasil dan efektif.

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio