Bisnis yang Mengikuti Trend: Bakal Bertahan Lama Atau Tidak?
Business
Bisnis yang Mengikuti Trend: Bakal Bertahan Lama Atau Tidak?
  • minlio Minlio
  • 08 September 2022
  • 1,100 Views

Punya bisa yang bertahan lama dan tidak terbatas waktu merupakan impian seluruh pebisnis. Salah satu bisnis yang bisa Anda contoh adalah ayam geprek, tren kuliner yang masih ramai sampai saat ini meskipun persaingan bisnis juga semakin tinggi, di mana untuk mempertahankan eksistensi usaha tersebut bukanlah hal mudah. 

Sebagai pebisnis, tentu Anda dituntut untuk terus mengembangkan inovasi dan menggunakan strategi yang tepat agar bisa Anda dapat terus bertahan di tengah perubahan tren. Dan untuk mencapai hal tersebut, Anda bisa saja menjual produk atau jasa yang mengikuti dengan tren-tren yang ramai saat ini.

Namun harus diingat bahwa Anda harus tetap memiliki product signature dari bisnis Anda sehingga ketika tren tersebut sudah selesai, bisnis Anda akan tetap bisa bertahan. Contoh mudahnya pada beberapa tahun silam sempat ramai “es kepal milo” yang pemiliknya bisa mendapatkan omzet hingga puluhan juta. Namun, saat tren tersebut sudah selesai, para pengusaha es kepal milo justru banyak yang gulung tikar karena hanya menjual es kepal milo dan tidak memiliki product signature-nya.

Lalu, bagaimana cara agar bisnis yang Anda jalankan bisa sustain dalam waktu yang panjang dan semakin besar? Simak 3 tips berikut ini!


1. Ikuti Perkembangan Pasar Anda bisa menerapkan hal ini dalam waktu tertentu pada bisnis Anda. Namun, Anda tetap harus melihat situasi, kebutuhan konsumen luas dan juga target market Anda. Maka, itulah pentingnya berdiskusi dengan orang lain untuk melihat pandangan luas dari sisi orang lain. 

Di komunitas eksklusif Tribe Hackers, Anda bisa berdiskusi, belajar dan bahkan menemukan partner bisnis karena ada 18.000+ member dan juga tim support yang bisa membantu Anda, GRATIS! Klik jointribehacker.com sekarang!

Pastikan juga Anda memiliki signature product yang dapat dijual kapanpun dan sesuai dengan target market Anda. 


2. Adaptasi Terhadap Perkembangan Pebisnis harus siap menghadapi perubahan dan perkembangan yang cepat terjadi. Contohnya dalam aspek teknologi. 

Saat ini Anda harus melibatkan teknologi dan media sosial dalam bisnis Anda. Baik untuk memasarkan produk atau mempromosikan produk Anda ke masyarakat luas melalui media sosial dengan strategi Content Marketing yang tepat. 

Perlu Anda ketahui, sekadar sering posting konten bukanlah strategi yang tepat untuk memasarkan produk melalui media sosial. Anda harus mengenal dan mengerti preferensi target market serta berbagai hal lainnya. Untuk mengetahui strategi Content Marketing yang terbukti efektif dan berhasil, Anda dapat temukan secara lengkap di Content Creator Black Book.


3. Inovasi Produk Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam berbisnis adalah inovasi produk. Hal ini bertujuan agar pelanggan Anda tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. 

Anda bisa melakukan sedikit modifikasi dan inovasi produk mengikuti tren yang sedang ramai untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan Anda terhadap produk yang dijual. 


Dari 3 hal di atas Anda dapat menjalankan bisnis online yang bertahan lama tidak hanya setahun atau dua tahun tetapi sampai puluhan tahun ke depan. 

Ingin bisnis Anda dapat eksis dan bertahan lama? Anda bisa pakai List Building Black Book untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dengan cara ampuh, tidak sekadar ikut tren.

digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio