Manfaat Email Marketing untuk Bisnis -- Tak Kenal Maka Tak Sayang
Business
Manfaat Email Marketing untuk Bisnis -- Tak Kenal Maka Tak Sayang
  • minlio Minlio
  • 01 April 2021
  • 2,074 Views

Mungkin masih banyak yang bingung mengapa email kini menjadi salah satu cara cara marketing terbaik untuk memasarkan produk.

Tahukah Anda, menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada akhir tahun 2020 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta atau 73,7 persen masyarakat sudah menjadi pengguna internet dan hampir seluruhnya mempunyai akun email.

Dengan sekali klik, Anda mampu menjangkau banyak orang dengan mengirim email ke ratusan bahkan ribuan orang sekaligus. Artinya, email marketing menjadi salah satu cara paling efektif dan murah untuk memasarkan produk Anda.

Email marketing adalah salah satu cara Direct Marketing, yaitu strategi marketing untuk menarik perhatian audiens dengan komunikasi langsung dari perusahaan (produsen) ke konsumen. Seperti pepatah bilang, “Tak kenal, maka tak sayang”, strategi ini dilakukan untuk menciptakan rasa kedekatan antara perusahaan dan konsumen serta melihat langsung respons dari konsumen.

Tahukah Anda, perusahaan raksasa seperti Google saja juga menggunakan strategi ini untuk mempromosikan layanan mereka.

Berikut kelebihan dan manfaat Email Marketing untuk Bisnis Anda

 

1. Murah

Dengan strategi direct marketing menggunakan email, Anda bisa menghemat biaya promosi dengan mengurangi bahkan tidak perlu lagi buat iklan yang menghabiskan banyak biaya.

Sehingga, Anda bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

 

2. Hemat Waktu

Bayangkan jika Anda mau menawarkan produk terbaru ke ratusan atau bahkan ribuan konsumen Anda, rasanya tidak mungkin bagi Anda dan karyawan Anda mengirim satu per satu. Apalagi menurut riset, 59% pengguna email mengatakan email marketing menjadi alasan mereka untuk membeli produk. 

Di Tribelio, ada salah satu fitur Broadcast via email dan push-notif. Dengan fitur ini, Anda bisa mengirimkan email ke seluruh database konsumen yang Anda punya dengan sekali klik.

 

3. Jadikan Konsumen menjadi Pelanggan

Walaupun mencari konsumen baru itu penting, membuat konsumen menjadi pelanggan ternyata lebih menguntungkan dan murah. Menurut riset, Anda perlu menghabiskan biaya 5 kali lebih besar untuk mencari pelanggan baru dibanding mempertahankan konsumen

Ciptakan rasa akrab dan kedekatan dengan konsumen. Cara ini bisa membuat konsumen Anda menjadi pelanggan setia atau bahkan fans Anda. Dengan menggunakan email marketing, Anda bisa membangun komunikasi secara personal, tahu masalah yang mereka punya dan dapat mengetahui apa yang paling dibutuhkan.

Jika Anda mampu mengatasi masalah mereka dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, pasti konsumen Anda menjadi ketergantungan dengan Anda. Apapun yang Anda tawarkan pasti mereka beli. Tentunya dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal, kan?


4. Analisa Performa 

Pendekatan langsung dengan cara direct marketing membuat Anda mengetahui respons langsung dari konsumen. Artinya, Anda dapat mengukur langsung keberhasilan strategi yang Anda gunakan saat itu. 

Cara ini dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa banyak konsumen yang tertarik dengan penawaran Anda. Jika banyak yang mengabaikan, artinya Anda perlu mengevaluasi dan mengganti strategi penawaran tersebut.

Dengan mengirim email secara manual, Anda tidak bisa menganalisa performa dari setiap email marketing yang Anda kirimkan. Namun, di Tribelio Anda mampu menganalisa dengan fitur Analytic Tools yang disediakan. Sehingga, Anda mampu menemukan strategi apa yang paling efektif untuk konsumen Anda.

 

Berikut kelebihan dan manfaat dari Email Marketing yang dapat meningkatkan bisnis Anda. Jadi, sudahkah Anda menerapkan strategi direct marketing menggunakan email di bisnis Anda? 

marketing, directmarketing, tipsbisnis, database, bisnis, digitalmarketing, tribecommerce, #dennysantoso, tribelio
Share
Minlio