Pentingnya Membangun Komunitas untuk Bisnis Anda
Community
Pentingnya Membangun Komunitas untuk Bisnis Anda
  • minlio Minlio
  • 25 August 2022
  • 877 Views

Komunitas adalah sekumpulan orang dengan minat yang sama yang tinggal di wilayah tertentu atau sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dalam masyarakat yang lebih besar. Sehingga, antar anggota komunitas biasanya memiliki rasa percaya satu sama lain. 


Mungkin Anda sampai saat ini masih bertanya-tanya mengapa komunitas itu penting untuk bisnis Anda. Sebenarnya komunitas dapat meningkatkan pendapatan bahkan loyalitas pelanggan kepada produk yang Anda jual. Jadi dengan terciptanya hubungan yang dibangun antar anggota akan memberikan dampak yang cukup positif untuk bisnis Anda. 


Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membangun komunitas yang baik untuk bisnis Anda? Mari kita bahas 4 skill yang harus dikuasai untuk membangun komunitas.



1. Terorganisir

Anda harus cukup terorganisir untuk membangun komunitas dalam bisnis Anda. Karena dengan kemampuan mengorganisir, Anda dapat memprioritaskan dan merencanakan semua hal yang harus diselesaikan dalam pekerjaan. 



2. Komunikasi

Anda bisa membangun hubungan dengan seseorang melalui komunikasi. Baik secara tertulis dan verbal skill berkomunikasi sangat penting dan wajib Anda miliki. Dengan skill komunikasi Anda dapat lebih mudah untuk menyelesaikan masalah dan kendala di komunitas nantinya. 



3. Kepemimpinan

Jika ingin membangun komunitas yang baik, Anda harus memiliki jiwa kepemimpinan. Karena nantinya Anda yang akan memimpin komunitas dan memberi contoh kepada anggota lainnya. Mereka akan melihat cara Anda memimpin anggota dan menenangkan anggota apabila ada kekacauan atau masalah di dalam komunitas. 



4. Keingintahuan

Dalam komunitas Anda harus peka terhadap situasi yang terjadi antar anggota. Oleh karena itu, Anda harus memiliki keingintahuan yang tinggi untuk mencari tahu setiap akar masalah atau permasalahan apa saja yang terjadi dalam komunitas dan menemukan solusinya. 


Berikut 4 skill dasar yang harus Anda kuasai jika ingin membangun komunitas yang baik dengan anggota yang saling percaya satu sama lain dalam bisnis Anda. 



Jika Anda belum memiliki komunitas yang membantu Anda dalam berbisnis, Anda bisa bergabung di komunitas eksklusif milik Denny Santoso, Tribe Hackers bersama lebih dari 17.000 anggota lainnya. Di sini, Anda dapat memperluas networking dan juga bisa berdiskusi seputar bisnis online bersama dengan member lainnya, Denny Santoso bersama tim untuk membantu Anda dalam membangun bisnis online dan juga menemukan solusi pada permasalahan (problem) yang Anda hadapi.


digitalmarketing, tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio