5 Cara Mulai Bisnis Online yang Profitable
Business
5 Cara Mulai Bisnis Online yang Profitable
  • minlio Minlio
  • 05 April 2021
  • 735 Views

Di era teknologi yang semakin maju ini, tentunya kebiasaan manusia juga berubah seiring bergantinya zaman, salah satunya perilaku belanja.

Seperti yang diketahui, jika dulu seseorang harus pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu, kini kita bisa mendapatkan apapun dari rumah tanpa pergi ke mana pun selama ada jaringan internet. Artinya, jika saat ini semua orang bisa mendapatkan apapun secara online, berarti siapa pun juga bisa berjualan secara online.

Satu hal yang perlu diingat, bisnis online bukanlah sekadar jual barang melalui internet tanpa memikirkan tahapan untuk menjualnya. Anda harus tau produk apa yang dibutuhkan dan market yang membutuhkan produk tersebut. Jika Anda tidak memikirkan tahapannya dari awal, kemungkina bisnis Anda bukan untung melainkan buntung.

Berikut 5 Starter Step untuk mulai bisnis yang profitable.

 

1. Ide Bisnis dan Produk

Langkah awal untuk mulai bisnis online adalah cari ide dan riset produk yang dibutuhkan market. Anda harus menentukan masalah apa yang mau Anda selesaikan dengan produk tersebut. Sehingga Anda menjual produk yang dibutuhkan market berdasarkan data dan kebutuhan, bukan hanya menduga-duga.

Banyak yang mau mulai bisnis online tapi tidak menemukan jawaban untuk langkah pertama ini. Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa mulai dengan jadi reseller atau affiliate dari suatu brand. Produk sudah disediakan, tugas Anda hanya memasarkan.

 

2. Market

Produk sudah ada, berarti tugas selanjutnya adalah cari market yang paling profitable dan yang paling membutuhkan produk tersebut. Jika Anda sudah memastikan bahwa produk Anda dapat menyelesaikan masalah mereka, dijamin produk Anda akan laku secara laris manis.

Selain itu, Anda juga harus tahu secara spesifik apa kegunaan produk Anda. Sehingga Anda bisa menjelaskan secara spesifik dan meyakinkan calon konsumen Anda terhadap produk Anda.

 

3. Bangun List Database

Banyak yang belum mengerti apa itu Database, padahal ini adalah strategi umum yang dilakukan perusahaan besar untuk menambah dan mempertahankan konsumen lamanya. Database adalah kumpulan data yang biasanya bersikan nama, nomor telepon dan email seluruh calon konsumen. Database ini berguna untuk mendata market konsumen yang paling profitable.

 

4. Strategi E-mail Marketing

Jika ingin mengakses suatu website atau e-commerce, pasti Anda wajib untuk daftar jadi pengguna di perusahaan tersebut. Selanjutnya, apakah Anda sering mendapatkan e-mail dari mereka?

E-mail marketing merupakan salah satu sistem marketing untuk mempertahankan hubungan antara penjual dan pembeli serta memberi tahu perkembangan terbaru dari perusahaan Anda kepada konsumen.

 

5. Optimalkan Sosial Media

Saat ini hampir seluruh orang menggunakan sosial media. Kesempatan ini bisa Anda pergunakan untuk memperkenalkan produk Anda secara lebih luas melalui media sosial.

Untuk mengoptimalkan media sosial yang mampu mendatangkan konsumen, tentunya Anda harus membuat konten yang berkualitas yang mampu menarik perhatian konsumen.

 

Berikut 5 Starter Step yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis yang profitable. Untuk mempelajari materi di atas secara mendalam, Anda bisa dapatkan di List Building Mastery atau List Building Black Book. Semua strategi dan metode ditulis secara ringan dan mudah dimengerti. Sehingga Anda bisa langsung mempraktikkannya ke dalam bisnis Anda.

Ayo, take ACTION sekarang. Karena INCOME datang dari ACTION.

dennysantoso, marketing, tipsbisnis, bisnis, digitalmarketing, tribecommerce, strategibisnis
Share
Minlio