5 Strategi Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui!
Digital Marketing
5 Strategi Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui!
  • minlio Minlio
  • 19 July 2022
  • 1,176 Views

Digital marketing merupakan suatu aktivitas untuk mempromosikan sebuah brand, produk, ataupun jasa yang menggunakan media digital. Dengan banyaknya media digital saat ini, sudah jelas bahwa digital marketing adalah cara pemasaran yang sangat efektif. Banyak perusahaan kini mulai berlomba-lomba memaksimalkan promosi mereka di dunia digital. 

Jika diperhatikan sebenarnya digital marketing banyak melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perusahaan sering menggabungkan teknik pemasaran konvensional dan digital dalam strategi mereka. 

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya digital marketing sudah ada sejak lama? Teknologi digital diketahui telah ada dari tahun 1910. Saat itu, stasiun radio di New York menyiarkan pertunjukan opera dari gedung metropolitan yang dapat didengarkan oleh orang-orang yang berada di beberapa lokasi berbeda dengan menggunakan earphone. 

Kemudian, perkembangan komputer dan kelahiran internet semakin memperluas pengertian digital marketing yang dapat menjangkau banyak orang. Hingga kini, aktivitas digital marketing tidak lagi bersifat satu arah, melainkan dua arah.

Digital marketing memiliki beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk, tergantung pada media yang digunakan. Berikut 5 jenis strategi digital marketing:


1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan sebuah situs/web agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Jika tujuan Anda untuk menarik banyak pengunjung, maka mengoptimalisasi konten dengan menentukan kata kunci yang relevan dengan judul dan isi konten adalah cara yang tepat. 

Tanpa mengoptimalkan penggunaan SEO, maka situs Anda akan sulit untuk ditemukan pengunjung. 


2. Influencer/Affiliate Marketing
Mungkin Anda sudah beberapa kali melihat influencer yang membantu memasarkan sebuah produk. Influencer Marketing dilakukan dengan cara Anda membayar jasa influencer di media sosial untuk memasarkan produk Anda kepada pengikutnya. 

Sedangkan Affiliate Marketing adalah strategi marketing dengan membayarkan komisi kepada mitra layanan atau situs orang lain setiap mereka berhasil menjual produk Anda. 


3. Viral Marketing
Contoh lain strategi digital marketing adalah melalui viral marketing dengan membuat iklan dari topik yang “trending” dan tengah ramai menjadi bahan pembicaraan masyarakat. 

Melalui strategi ini, iklan Anda akan cepat viral dan tersebar di berbagai platform digital lainnya sehingga Anda dapat menarik lebih banyak lagi perhatian audiens.


4. Email Marketing
Selanjutnya email marketing adalah strategi yang digunakan untuk mengirimkan email kepada audiens. Perusahaan akan memberi edukasi dan memberitahu informasi mengenai promosi atau produk terbaru melalui email. 

Tugas Anda adalah membuat email semenarik mungkin agar audiens mau mengklik email yang Anda kirim, memberi informasi yang jelas sehingga audiens mengikuti CTA (call-to-action) yang Anda berikan.


5. Content Marketing
Content marketing merupakan strategi yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten untuk menarik atau mengarahkan audiens untuk membeli produk yang Anda tawarkan. 

Strategi content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan audiens melalui konten-konten yang Anda buat. 


Berikut 5 jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda. 

Masih bingung untuk memilih strategi digital marketing yang tepat? List Building Mastery adalah jawabannya! Di sini, Anda akan mendapatkan konsep-konsep dasar digital marketing, cara memasarkan produk yang tepat untuk bisnis online, hingga meningkatkan omzet hingga 10x lipat dengan strategi List Building.


digitalmarketing, Tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis
Share
Minlio