Sudah Buat Iklan Online tapi Hasil Belum Maksimal? Hindari 5 Kesalahan Ini!
Digital Marketing
Sudah Buat Iklan Online tapi Hasil Belum Maksimal? Hindari 5 Kesalahan Ini!
  • minlio Minlio
  • 17 November 2022
  • 284 Views

Setiap bisnis pasti mempunyai strategi marketing untuk mengembangkan produknya. Mengingat jumlah pengguna internet yang terus bertambah, kini banyak brand pun ikut melakukan promosi lewat internet, salah satunya dengan menggunakan iklan berbayar, seperti menggunakan Google Ads, Facebook Ads, dan layanan lainnya.

Namun, banyak juga yang sudah beriklan online tapi hasilnya belum maksimal. Audiens hanya sekadar menonton iklan tapi konversi penjualan tidak meningkat. 

Sering kali para para digital marketer berpikir bahwa konten yang menarik sudah cukup untuk buat iklan. Padahal, ada faktor-faktor lain yang dapat mengakibatkan gagalnya kampanye yang telat dibuat. Berikut 5 kesalahan yang harus Anda hindari untuk membuat iklan:

1. Copywriting yang Tidak Menarik
Kesalahan yang mungkin dibuat adalah ‘melupakan Power of Words’. 

Hal pertama yang menentukan audiens untuk melihat iklan Anda sampai habis adalah copywriting. Maka dari itu, Anda harus membuat Hook yang menarik dan juga sesuai dengan target market.

Jangan lupa untuk menggunakan Magic Words dalam copywriting iklan Anda sehingga mampu menarik emosi audiens untuk membeli produk Anda. 


2. Platform yang Tidak Sesuai
Setiap platform memiliki kebutuhan yang berbeda untuk setiap iklan yang dibuat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui karakteristik target market di setiap platform agar Anda bisa mengoptimalkan dan menyesuaikan iklan yang dibuat. 

Seperti contohnya di Instagram, Anda harus membuat iklan yang menonjolkan pada visual dan gambar yang menarik serta minim teks. Sedangkan di Facebook, Anda memiliki kebebasan untuk mengunggah banyak teks. 


3. Menggunakan Tren Asal-asalan
Menggunakan tren yang sedang ramai terkadang memang cukup efektif apabila diaplikasikan dalam iklan. Tetapi, hal ini juga harus diperhatikan agar sesuai dengan target market dan juga produk Anda. 


Anda harus bisa membuat iklan yang menarik dan mengikuti tren tanpa terlihat ‘memaksa’ ikut dengan arus tren tersebut. 

Mengingat tren-tren di media sosial biasanya berubah dengan sangat cepat, bukan berarti Anda harus mengikuti semua tren yang ada. Karena nantinya konten iklan yang Anda buat jadi tidak jelas tujuannya. 


4. Tidak Evaluasi Iklan
Kesalahan selanjutnya yang biasanya sering dilupakan adalah memantau dan mengevaluasi iklan yang sudah Anda buat.

Anda harus menganalisis apakah budget yang Anda keluarkan sudah sesuai dan memuaskan bagi bisnis Anda, atau apakah iklan ini telah berhasil untuk mencapai target pasar yang diinginkan. 

Dengan menganalisis data dari hasil iklan yang telah Anda buat, maka Anda dapat mengevaluasi dan menentukan strategi marketing terbaik yang harus Anda gunakan di kampanye iklan selanjutnya.


5. Tidak Mengumpulkan Database Audiens
Iklan yang baik bukan hanya iklan yang mampu menjangkau sebanyak mungkin audiens. Tapi iklan yang baik adalah iklan yang mampu mengubah audiens menjadi calon prospek atau calon pembeli, hingga akhirnya menjadi customer.


Tentunya Anda perlu usaha lebih untuk mengubah audiens menjadi customer, salah satunya dengan memberikan edukasi dan juga follow-up mengenai produk Anda.

Namun, hanya membuat iklan tidak bisa membantu Anda untuk menentukan siapa audiens yang sudah tertarik dengan iklan Anda dan siapa audiens yang hanya melewatkan iklan Anda. Maka dari itu, mengumpulkan database melalui iklan adalah cara terbaik untuk mengetahuinya.

Setelah memiliki database, Anda dapat mengirimkan edukasi, informasi dan juga melakukan follow-up melalui Email atau Whatsapp Broadcast untuk mengubah mereka menjadi Customer.

Pada Tribelio Page, Anda dapat membuat Landing Page secara gratis dan dapat mengumpulkan database audiens sehingga Anda dapat memaksimalkan iklan yang Anda buat.


Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat iklan dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tribelio Page, Anda dapat mengunjungi https://tribeliopage.com dan Instagram


digitalmarketing, Tribelio, tipsbisnis, marketing, bisnis, ads, iklan, online
Share
Minlio